Saturday, December 15, 2012

Examination of Life

Bos, jangkrik Bos..
Bos, pernah hidup gak sih? Kalo pernah, pasti pernah ngalamin ujian kan? Ya entah itu ujian sekolah, ujian SIM, atau bahkan ujian geledek.. Itu ujan kaliii! Di postingan kali ini, gue mau share pengalaman-pengalaman gue tentang ujian yang udah gue alami. Ini true story lho. Bukan toy's story..


Yaah, yang namanya ujian itu ya kita diuji. Dan ujian itu pasti gak enak. Yang enak itu pujian~ Gini.. Gue di sini mau nyeritain 3 pengalaman ujian gue. Yang pertama sumatif jaman-jaman SMA, UAN menjelang lulus SMA, dan terakhir SNMPTN. Ketiganya nggak gue ikutin sendirian.. Kenapa? Ya iyalah, kalo gue yang jadi peserta ujiannya sendirian, gue pasti selalu berada di peringkat pertama. Kan gak enak juga kalo di rapor atau ijazah ditulisnya "Ranking 1 dari 1 siswa"..

SUMATIF
Sumatif diadakan 1 semester sekali. Ya berarti 6 bulan sekali, setahun 2 kali, sewindu 20 kali, seabad 200 kali, semilyar ribu juta kilo liter ada sekian kali sumatif.. Gue selama di SMA udah sumatif 5 kali. Selama 5 kali sumatif itu, gue bolos 6 kali. Keren kan?

Nggak kok, becanda aja biar garing.. Pokoknya ya, sumatif itu ujian yang menurutku paling enak. Meskipun soalnya susah karena materinya lumayan banyak dan kadang bercampur-campur sama pelajaran lain, tapi sumatif itu seru. Gampang sih enggak, cuma nilainya itu lho ajaib. Meskipun kamu gak bisa ngerjain, nanti tau-tau di rapor dapet nilai lumayan. Ya paling nggak nilai standar lah. Guru-guru yang ngasih nilai emang jago sulap. Nilai yang aslinya hancur-hancuran, tau-tau di rapor jadi bagus. Sempurna~ *kibasin jari kayak Demian*

Tapi gue saranin sih ya, sumatif itu jangan dianggap remeh juga. Ya harus ada belajarnya juga biar bisa akting lancar ngerjain di depan pengawas sumatif. Jangan sampai kamu malem sebelum sumatif malah hiking ke Gunung Everest. Nanti nilai sumatifmu bisa longsor. Atau kalo emang kamu udah belajar tapi tetep aja gak bisa paham, mendingan pasrah lalu ngaji-ngaji aja. Ya semoga amal ibadahmu bisa diterima di sisi-Nya~

Kalo pengalaman gue dulu ya, memang ada beberapa pelajaran yang gue gak bisa ngerti. Malam itu gue gak belajar dan malah nongkrong di tempat fotokopian langganan temen-temen sekolah gue. Yup, sesuai prediksi, banyak temen-temen gue yang dateng mau fotokopi kisi-kisi soal, soal tahun lalu, bahkan bocoran soal besok. Ya gue palakin aja soal-soal dari mereka. Dan Alhamdulillah gue jadi bisa belajar. Tapi dulu pernah ada temen gue yang ngaku punya soal buat sumatif besok. Iya, soal! Bukan kisi-kisi atau bocoran, tapi SOAL SUMATIF BESOK! Gue langsung pelajari soal dari temen gue itu. Dan ternyata... soal dari temen gue beda jauh banget dari soal sumatifnya. Akhirnya gue ngerjain sumatif sambil berlinang air mata..

Dulu pas kelas 10, gue pernah sumatif kimia dan cuma bisa jawab 5 dari 40 soal. Waktu itu bener-bener tekanan mental. Apalagi ortu gue nyuruh gue masuk IPA. Beberapa hari setelah sumatif selesai, gue liat buku nilai dari guru. Gue bener-bener horny liat nilai sumatif kimia gue. Rendah banget kayak roknya Katy Perry. Tapi akhirnya pas pembagian rapor, nilai gue ditulis 80. Ini bukan sulap lho, tapi ada triknya~ Pokoknya kamu harus pinter-pinter deh ambil hati guru. Harus akrab gitu. Kalo ketemu, salim. Cium tangannya kalo perlu. Cipika-cipiki juga gak papa, asal jangan ke guru cowok. Nanti geli kena kumisnya..


UAN
Jaman-jaman UAN ini yang bener-bener harus belajar. Kalo sumatif dulu bisa ngakak-ngakak pas menjelang hari-H, tapi UAN gak bisa. Gimana mau ngakak.. Berbulan-bulan sebelum UAN, sekolah ngadain Try Out untuk murid-murid kelas 12. Ya mau nggak mau, kami terpaksa belajar karena mungkin 2 atau 3 minggu sekali ada Try Out.
.
Nilai Try Out gue pas itu ancur-ancuran. Mungkin karena gue mikirnya "Ah, ini kan masih Try Out, belum UAN. Santai aja deh kayak di Hawaii~". Tapi tau-tau UAN udah dekat dan nilai gue masih hancur. Dan gue inget banget, pas Try Out matematika ke 5, gue nyontek jawaban temen gue tanpa sepengetahuan dia. Gue yang biasanya dapet nilai 4 atau 5, mendadak dapet 7. Gue panik, ngerasa gak enak sama guru matematika gue yang pasti udah sadar kalo nilai gue itu hasil nyontek.

Beberapa hari setelah nilai Try Out 5 diumumkan, akhirnya pelajaran matematika masuk ke kelas gue. Pas jam pelajaran itu, Try Out 5 dibahas. Perasaan gue makin gak enak karena pas dibahas, jawaban gue banyak yang bener karena jawaban gue hasil nyontek. 

Dan di akhir pelajaran, guru gue nyindir secara gak langsung. Gue lupa sama kalimatnya, tapi intinya gini..
"Wah, sebentar lagi udah UAN. Kalian jangan cuma belajar biar dapet nilai bagus yaa.. Tapi belajar juga untuk ngerjain dengan jujur. Kalo nyontek pasti ketahuan kok. Try Out dapet nilai jelek kan gak papa, asal nilai sendiri~"

Gue mendadak pengen ke kantin dan nyemplungin kepala gue ke panci soto. Gue nyesel udah nyontek. Nilai bagus juga gak ada gunanya kalo efeknya jelek kayak gini. Sejak saat itu gue sering belajar bareng sama temen yang gue contek itu. Dia bisa, gue juga harus bisa. Dan di Try Out terakhir, akhirnya nilai matematika gue nyentuh nilai 7 tanpa nyontek. Yah, padahal sih pengennya dapet nilai 69..

Oiya, buat kalian yang kelas 12 dan mau UAN, jangan takut deh kalo masih gak paham sama pelajaran-pelajarannya. Sekarang gue jujur deh.. Gue baru nguasai pelajaran-pelajaran UAN tuh seminggu sebelum UAN. Keren kan? Hampir nyerempet deadline gitu.. ekstrim kayak Mission Impossible.

Oiya, pengalaman gue pas UAN udah gue ceritain di postingan sebelumnya, di SINI nih..



SNMPTN
Nah ini masih terasa feel-nya karena baru gue alamin beberapa bulan lalu. SNMPTN ini selalu dilebay-lebaykan dan dibilang jauh lebih susah daripada UAN. Tapi.. itu ternyata bener dan emang susah banget daripada UAN. Karena itu, gue ikut bimbel SNMPTN selama sebulan lebih. Malam hari sebelum hari pertama bimbel dimulai, kaki gue kejepit mesin motor yang panas dan kaki gue luka. Parah deh pokoknya sampai gue nggak masuk bimbel hampir seminggu. Ceritanya ada di SINI kok udah gue ketik. 

Dan gue pas pertama kali masuk bimbel langsung disuruh ngerjain soal Try Out SNMPTN yang belum gue kerjain gara-gara gak masuk. Soal itu ada 3 tipe.. Soal IPA (Biologi, Kimia, Fisika, Matematika IPA), Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris), dan terakhir TPA (Tes Potensi Akademik). Gue cuma lumayan bisa ngerjain yang Kemampuan Dasar sama TPA. Yang soal IPA? Gue nyaris nggak pake mikir pas ngejawab.

Tapi... Nggak disangka-sangka, nilai gue bisa masuk 15 besar dari 90 peserta. Awalnya gue nganggep ini hoki. Tapi lama-lama peringkat gue di Try Out selanjutnya stabil-stabil aja. Ya paling nggak gak sampai peringkat 30 ke atas. Gue juga heran. Setelah gue liat-liat hasil nilai Try Out-nya, ternyata nilai TPA dan Kemampuan Dasar gue (khususnya Bindo dan English) yang jadi dongkrak nilai Kemampuan IPA gue yang hancur.

Gue nggak tau kenapa gue lebih lancar ngerjain TPA dan soal bahasa dibandingkan ngerjain soal IPA. Sejak itu, gue fokus belajar TPA dan bahasa. Pelajaran IPA cuma gue jadiin selingan doang. Itu juga gue belajar sambil sakit-sakitan gara-gara kaki gue masih luka dan harus selalu diperban.

Sempet juga sih gue dibilang hoki gara-gara peringkat Try Out. Ya wajar aja, soalnya nilai gue pas masih SMA selalu hancur-hancuran. Tapi mendadak nilai gue meningkat di Try Out SNMPTN. Gue seneng tapi masih nggak tenang. Gue belum puas karena nilai Try Out gue masih jauh dari nilai passing grade buat masuk ke PTN tujuan gue. 

SNMPTN pun tiba. Gak tau kenapa, mendadak gue jadi lancar pas ngerjain soal Kemampuan IPA. Ya meskipun banyak juga yang gak bisa gue kerjain, tapi gue lebih lancar dibanding pas jaman gue Try Out SNMPTN dulu. Nih, cerita gue pas SNMPTN gue tulis di SINI

Sebulan kemudian... Gue inget banget. Beberapa jam sebelum malam pengumuman hasil SNMPTN di internet, gue ngeliat status BBM temen-temen gue pada berdoa. Tapi gue beda, gue malah update status "Nasib-nasiban~". Sumpah, gue nulis status itu. Pengumuman pun keluar. 10 menit kemudian gue ngecek BBM lagi dan status temen-temen gue berubah jadi macem-macem. Ada yang seneng, ada juga yang sedih. Gue makin panik. Tapi gue gak langsung liat pengumuman di internet. Gue malah makan. Kenapa? Ya biar nggak laper.

Tiba-tiba salah seorang temen gue dateng ke rumah. Dia bilang dia udah liat pengumuman dan dia lulus. Tapi mukanya bukan masang ekspresi seneng, tapi ekspresinya panik kayak habis kabur dari curanmor. Ternyata dia panik karena lulusnya di PTN pilihan kedua. Tapi ujung-ujungnya dia seneng juga udah lulus.

Dia nyuruh gue buat ngeliat pengumuman gue sekarang juga. Gue makin panik. Yaiyalah, yang nyuruh gue tuh orang yang udah lulus. Sedangkan gue... masih gak tau lulus atau nggak.
Gue log in dan ngecek pengumuman gue di internet. Ternyata... Gue lulus! Gue refleks teriak "COOOK! LULUS COOOK!". Gue langsung nyari ibu gue dan bilang ke beliau. Dan beliau ngucapin hamdalah trus meluk gue sampai beliau nangis. Ini pertama kalinya gue liat ibu gue nangis terharu karena gue. Sumpah, gue juga ikut bahagia.

DP BBM gue langsung gue ganti jadi fotonya Agung Hercules..
Oiya, gue waktu itu lulus di pilihan PTN gue yang kedua. Tapi gue langsung ambil aja tuh pilihan kedua. Meskipun bisa aja PTN kedua itu gue lepas dan ambil jalur mandiri atau kemitraan di PTN pilihan pertama. Gue gak mau ngelepas PTN pilihan kedua karena selain gue udah lolos, gue juga mikirin perasaan peserta-peserta yang lain. Pasti ada kan peserta saingan gue yang gak lolos. Gue gak mau takabur. Masa' ada peserta yang sedih karena gak lolos, terus peserta yang udah lolos malah gak ngambil PTN yang udah didapet.. Gue juga yakin di PTN kedua ini adalah jalan sukses gue yang udah ditunjuk Allah.

Hmm.. Buat yang mau SNMPTN nih yaa.. Kusarankan jangan terlalu mikirin passing grade jurusan yang kamu pilih. Mendingan kamu pertimbangkan daya tampung jurusannya dan sainganmu ada seberapa banyak. Passing grade itu menurutku tipuan aja biar bikin peserta SNMPTN jadi deg-degan. Percuma nilai passing grademu tinggi tapi ternyata masih banyak sainganmu yang nilainya lebih tinggi lagi.



Muka kamu kok jadi serius amat. Ntar mengerut lho kayak titit bayi.. Refreshing dulu gih nonton video di atas~ (not available for mobile)

Penutup nih.. Kamu sadar nggak sih kalo kamu pernah belajar berkali-kali tetep nggak ngerti, tapi ada temenmu yang belajar sebentar doang langsung ngerti.. Kelebihan dan kekurangan orang emang beda-beda sih. Tergantung gimana kamunya aja yang mau milih jadi lebih baik atau enggak..

"Ya namanya juga idup bro. Kadang di atas, kadang di bawah, kadang 69." -@pergijauh


No comments:

Post a Comment