Saturday, July 28, 2012

Test Tester

Stressnya Nyoba Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Hai~
Ini postingan pertama yang gue ketik di luar Bontang.. Malang tepatnya. Kenapa Malang? Karena Alhamdulillah gue udah keterima kuliah di sini jurusan teknik elektro. Gue nggak sabar mau praktek bedah mayat, nyuntik pasien, serta nyunat anak kecil..
Tapi kali ini gue nggak cerita soal cantiknya cewek-cewek di sini. Gue bakal ceritain ke kalian pengalaman gue pas ngerjain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)..

Gue sama temen-temen hampir seangkatan ikutan SNMPTN di Samarinda. Ya, ke Samarinda rame-rame gitu naik bis. SNMPTN Regional Kaltim diadakan di Universitas Mulawarman (Unmul), dan nginapnya di Hotel Andhika "Kangen Band". Kami ke sana tanpa didampingi orang tua. Karena apa? Takutnya ntar kamar hotelnya nggak cukup trus para ortu tiduran di koridor. Kan nggak etis..

Gue persingkat ya langsung ke hari H. Nah, gue pas SNMPTN kedapetan tempat di ruang F-TIKOM. Bukannya mau jelekin atau apa yaa.. Tapi menurutku, ruangan ini fasilitasnya minimalis banget buat ngerjain SNMPTN. Tanpa AC/kipas, kursi sama meja nyatu dengan ukurannya yg kecil banget. Sampai-sampai gue harus diet seminggu dulu kalo badan gue mau muat di kursi itu. Kalo dijadikan pepatah, mungkin gini:

             "Maksud hati ingin duduk di sofa, apa daya pantat tak sampai~"   

Yaudah deh gue duduk. Gue nganggur dulu selama 15 menitan karena emang ujiannya belum dimulai. Gue lirik kanan-kiri, peserta-peserta lain pada belajar pake buku-buku yang tebel. Asli udah kayak kamus Bahasa Afrika tebelnya. Gue sih santai~ Main HP dulu, twitteran dulu, bahkan sempet beli HP baru.. 
*yang terakhir itu fiktif

Yup, SNMPTN pun dimulai! Jantung gue berdegup kencang kayak bedug buka puasa. Iya, soalnya SNMPTN ini ujian yang levelnya jauh lebih susah dari UN. Dan yang gue takutkan, nilai UN gue ada beberapa yang jeblok, apalagi di SMMPTN ini.. Gak papa deh, gue coba kerjain dulu~

Neraka dalam lembaran
Nggak lupa gue baca basmallah sebelum buka lembaran soalnya. Setelah baca basmallah, gue baca Juz Al-Baqarah sampai selesai dan tanpa sadar waktu ujian telah habis. Enggak, kalimat barusan itu guenya aja yang lebay. Gue pun ngerjain. Pertama-pertama gue ngerjain matematika dasar. Di sini gue bukannya mikir rumus atau apa, tapi gue malah mikir: "Anjrit! Soal serumit ini masih matematika dasar?! Gimana matematika expert-nya?! HIDUP INI NGGAK ADUL!" *nyeka air mata*

Tapi gue tetep ngerjain.. Kalo jawaban gue angkanya mirip-mirip dikit sama pilihan jawabannya, ya berarti jawaban itu yang gue buletin. Yang bikin nyesek itu kalo udah ngerjain panjang-panjang sampai nyoba segala rumus, tapi endingnya gak ketemu jawabannya.. Tapi gue tetep jaga imej. Gue malah ngepalin tangan dan bilang "Yes!" meskipun gak dapet jawaban. Itu semata-mata agar peserta lain jadi panik dan mentalnya jatuh..

Akhirnya matematika dasar beres meskipun banyak yang gue kosongin. Lanjut ke materi soal selanjutnya, Bahasa Indonesia.. Pas gue mulai baca soalnya, gue kaget. Gue hampir aja nanyain soal ini ke pengawas, "Bu, ini soal apa koran? Kok isinya paragraf semuaaa!?"
Karena gue nggak berani protes, terpaksa deh gue kerjain. Udah gue baca soalnya panjang-panjang, eh ternyata pilihan jawabannya lebih panjang lagi. Gue ngerjain sambil komat-kamit kayak rapper baca lirik lagu satu album. Untung aja gue selesai ngerjain meskipun banyak yang ngasal..

Next, Bahasa Inggris! Gue paling suka sama pelajaran ini.. Nggak heran kalo gue punya cita-cita kayang di London Bridge. Gue tersenyum lebar dan mulai baca soalnya. Ternyata... DAMN! Ini soal ujian apa hikayat inggris?! Gue ngakak baca kalimat-kalimatnya. Arti dari kata-katanya aja banyak yang gak tau, apalagi mau jawab soalnya. Alhasil gue nyanyi lagu-lagunya Adele dalam hati karena galau gatau harus gimana lagi. SNMPTN --> English isn't fun anymore..

Alhamdulillah akhirnya gue selesai ngerjain SNMPTN yang horror ini. Gue tarik nafas lewat lubang hidung kanan, dan hembuskan lewat hidung kiri. Aaaaaah, akhirnya selesai juga di sisa waktu 5 menit. Dan waktu gue ngelirik ke kanan, ternyata peserta sebelah gue nyontekin gue. Dia panik pas tatapan mata sama gue. Gue pun tersenyum cabul dan kedipin mata ke dia. Lembar jawaban gue pun gue tutupin. Nah tapi, sebagai orang yang baik, akhirnya gue nggak nutupin lagi lembar soal gue. Alangkah baiknya gue kasih liat semua jawaban gue ke dia. Ya tentunya diem-diem biar nggak ketahuan pengawasnya.

Dia pun kegirangan dan bisik-bisik bilang terimakasih ke gue.. Gue jawab, "Tenang friend, kita kan bro~". Setelah hampir semua jawaban gue disalin sama dia, waktu ujian pun habis. Gue pun kipas-kipas pake lembar soal gue. Dia ngelirik dan... dia sadar kalo KODE SOALNYA BEDA! Asli dia kaget kayak habis ngeliat pocong handstand. Gue juga pura-pura kaget.. Akhirnya dia ngehapus hampir semua jawaban dari gue dan move on ke jawaban awalnya dia. Untung aja sempet karena pengawasnya lambat pas ngambilin jawaban ke meja-meja peserta~

Pas peserta keluar ruangan, dia bilang gini ke gue..
Dia: "Wah, masnya ini gimana sih kok nggak ngingetin kalo soalnya beda.."
Gue: "Wahduh. Masnya tadi nggak nanya duluan sih.. Jadinya kan saya pura-pura nggak tau~"
Gue pun ngacir dari pelukannya dan hidup bahagia selama-lamanya..


Pengalaman temen gue malah lebih gila lagi. Di ruangan ujiannya ada peserta yang dateng tes pertama, tapi pas tes kedua malah nggak dateng.. Asli, udah gegar otak duluan di tes pertama kayaknya.
Ada juga orang yang udah kerja nyoba ikut tes SNMPTN tapi nggak belajar sama sekali. Dia cuma bilang:

"Saya kalo lolos tes ya kuliah, kalo nggak lolos ya balik kerja lagi. Sebenernya ya mas, tes ini tuh cuma nasib-nasiban~"

Dan gue setuju sama mas-mas itu.. Dia pasti malaikat yang turun ke bumi untuk memberi petunjuk kepada para peserta SNMPTN. Memang, SNMPTN itu nasib-nasiban~

No comments:

Post a Comment