Wednesday, November 21, 2012

Our Grandpa's Family

Old Superheroes
Suatu hari pas tanggal 10 Nopember di Hari Pahlawan, sepupu gue cerita kalo kami ini punya kakek superhero. Gue kaget.. Kalo emang kakek gue ini superhero, ya paling enggak gue ini punya kekuatan super apa gitu yang diturunkan dari gen kakek gue. Tapi akhirnya gue sadar kalo ternyata kegantengan gue yang super~ B-)

Sebelumnya, gue mau curcol dikit nih.. Gue kan di Malang ini tinggal serumah berdua bareng sepupu gue. Gue sama sepupu gue ini ada rencana mau masang wifi gitu biar download bokep nyari bahan buat tugas kuliah semakin lancar. Untungnya sepupu gue ini punya kenalan "orang dalam" di providernya buat masang wifi tanpa proses yang ribet. Tapi... sebulan kemudian gak dipasang-pasang. Akhirnya gak jadi pake "orang dalam" dan milih untuk ngikutin prosedur aslinya. Nah kalo mau masang wifi itu ternyata harus daftar pake surat rumah. Dan gawatnya, orang yang berhak bikin surat rumah ini lagi pergi keluar kota sampe 2 minggu. Ya mau nggak mau nungguin deh sampai 2 minggu. Setelah 2 minggu lebih, surat pun jadi. Mirisnya, waktu mau berangkat buat daftar wifi, kertasnya ketumpahan air dan rusak. Ah, gak tau deh kapan di rumah ini bisa ada wifi..

Lanjuuut? Lanzuuut~

Lanzuuut~
Back to topic deh.. Jadi sepupu gue tuh cerita kalo kakek gue ini dulunya bisa dibilang orang yang hebat dan berpengaruh lah buat kehidupan keluarganya. Beliau juga yang udah membesarkan dan mendidik bapak, pakde, serta bude-bude gue sampai mereka semua sekarang bisa hidup layak. Kakek gue ini kerjanya sebagai petani. Ya bisa dibilang kondisi ekonomi keluarga kakek gue ini udah cukup sulit lah. Apalagi kakek gue punya 7 orang anak. Yang pertama bude gue, kedua bapak gue, ketiga sampai kelima itu om gue, dan yang keenam dan ketujuh itu tante gue. Jadi, total jumlah anggota keluarganya ada 9 orang udah termasuk nenek dan kakek gue. Bayangin aja deh pendapatan petani buat ngehidupin banyak orang gitu.. Pasti pas-pasan atau malah gak cukup.

Karena itu, bapak gue dan adik cowoknya yang pertama disuruh sekolah sambil kerja sejak SD. Kerjanya juga disuruh nyari rumput buat makan kerbau, gembalain kerbau, sampai ngerawat kerbau. Bayangin deh anak SD yang pulang sekolah harusnya makan, bobok siang, dan belajar malah disuruh ngelakuin kerjaan kayak gitu.. Jelas ganggu sekolahnya banget. Pernah dulu sepulang sekolah bapak dan om gue ini bolos nggak nggembalain kerbau. Mereka malah nongkrong-nongkrong di belakang rumahnya. Terang aja kakek gue nyariin mereka sambil marah-marah. Setelah ketemu, kakek gue langsung ngejar mereka. Ngejarnya juga nggak sembarangan. Ngejarnya sambil bawa bambu runcing! Itu anak-anak masih SD lho yang dikejar..

Sumpah.. Ini bukan foto bapak gue pas kecil..
Ya beginilah cara kakek gue mendidik anak-anaknya biar disiplin. Karakter kakek gue yang keras ini juga mungkin didapat karena pas mudanya, beliau dapet pelatihan militer dari Jepang di jaman penjajahan dulu. Semua pemuda yang ada di desa waktu itu wajib ngikuti pelatihan untuk persiapan kalau diserang musuh sewaktu-waktu. Sekarang tau sendiri deh kenapa pas udah berkeluarga, sifat kakek gue jadi militer gitu. Ini semua biar anak-anaknya disiplin.

Semoga kakek gue ada di foto ini..
Sejak jadi petani, kakek gue ini dibilang gila sama orang-orang. Kerjaannya kalo pagi tuh suka ngambilin kotoran kerbau gitu dari rumah-rumah orang. Dan kotoran yang didapat kakek gue itu dipake buat ditanam bareng padi di sawahnya. Orang-orang jaman itu ngetawain kakek gue. Mereka belum tau kalo kotoran itu bisa jadi pupuk yang bisa ningkatin kualitas padi. Kakek gue adalah satu-satunya orang yang udah sadar akan hal itu. Alhasil padinya tumbuh lebih subur dibandingkan dengan padi yang ada di sawahnya petani-petani lain. Dan sejak saat itu, cara kakek gue ditiru oleh petani-petani lain..

Kakek gue kalo ngairin sawah juga selalu pas malam hari. Dan lagi-lagi beliau  dianggap gila sama orang lain. Malam hari harusnya jadi waktu buat tidur, kakek gue ini malah ke sawah buat ngairin padinya. Kakek gue ngerti kalo di malam hari itu minim penguapan. Jadinya padi bisa menyerap air lebih optimal kalo diairi pas malam. Kakek gue adalah satu-satunya petani yang pakai teknik ini untuk bercocok tanam. Tentu aja hasil panen padinya selalu lebih baik daripada petani-petani lainnya.

Di saat musim panen padi, ternyata harga padinya naik. Petani-petani di desa termasuk kakek gue dapet laba yang besar. Setelah itu, hampir semua petani di desa gue jadi nanam padi. Tapi anehnya, kakek gue ini malah nanam bawang. Semua petani ngakak liat kelakuan kakek gue yang mereka anggap gila. Tapi kakek gue tetep kekeuh nanam bawang. Sampai akhirnya musim panen tiba dan petani-petani udah siap menjual padinya. Ternyata harga padi turun karena peminatnya nggak bertambah tapi jumlah padi yang dijual malah bertambah. Kakek gue adalah satu-satunya petani yang jualan bawang. Jelas, peminat bawang ada banyak dan stok bawang di desa cuma dimiliki kakek gue yang tentu aja jumlahnya sangat terbatas. Harga bawang pun melambung tinggi dan kakek gue dapet laba yang jauh lebih besar dibanding petani-petani lain yang jualan padi. Kakek gue ini ternyata udah memprediksi ini sejak dulu..

Berkat kecerdasan kakek gue inilah beliau bisa jadi lebih kaya dibanding petani-petani lain. Rumah kakek gue termasuk besar daripada rumah-rumah orang lain yang pekerjaannya lebih layak daripada petani kayak kakek gue. Padahal ya, kakekku dulu itu gak pernah ngenyam bangku pendidikan. Tapi gue heran juga beliau bisa cerdas kayak gitu. Mungkin gennya udah begitu kali yaa..

Alhamdulillah anak-anak dari kakek gue ini bisa dibilang sukses semua. Bapak dan om gue juga bisa kerja di PKT. Tes masuk PKT jaman dulu itu masih murni bener-bener tes. Memang, lowongannya banyak.. tapi pesaingnya juga ada banyak dari seluruh daerah. Gue juga heran mereka bisa lolos tes dan kerja di PKT. Padahal ya, mereka tuh cuma sekolah tamatan STM aja. Itu juga sekolahnya sambil kerja bantu-bantu kakek gue. Dan hebatnya, mereka tuh termasuk siswa pintar di sekolahnya. Bahkan sejak SD mereka berdua selalu masuk 3 besar. Pencapaian ini juga gak cuma didapet sama bapak dan om gue aja. Tapi sodara-sodara kandung mereka juga sekarang hidup layak kok. Padahal mereka semua cuma anak dari seorang petani desa..

Dulu pas kelas 6 SD gue pernah ngobrol sama kakek gue. Kakek gue saat itu udah tua dan udah gak kerja lagi. Gue nanya-nanya tentang penjajahan Jepang jaman dulu. Kakek gue nyeritain semuanya dan beliau bisa nyanyi lagu "Kimigayo" (lagu kebangsaan Jepang). Kakek gue juga sayang banget sama cucu-cucunya. Kalo malem, beliau suka cerita-cerita lucu pas jaman beliau muda. Itu ceritanya pake bahasa Jawa. Meskipun gue kadang gak ngerti apa yang diceritain kakek gue, gue tetep ngakak karena kakek gue juga ngakak.

Di usianya yang udah semakin tua, beliau kena penyakit stroke. Setengah badannya lumpuh dan setiap hari cuma bisa baring di kasur. Padahal, beberapa hari sebelum kena stroke, beliau pengen diajarin sholat dan ngaji. Iya, kakek gue gak bisa sholat dan ngaji karena beliau gak pernah sekolah. Tapi apa daya, setahun setelah kakek gue kena stroke, beliau meninggal menyusul istrinya yang udah meninggal 5 tahun sebelumnya. Beliau meninggal tanpa bisa menjalankan perintah agama. Tapi selama kakek gue sakit-sakitan itu, beliau selalu minta dibacakan ayat Al-Quran karena beliau emang bener-bener pengen bisa ngaji dan sholat. Semoga beliau masuk surga. Semua itu urusan kakek gue sama Yang Di Atas. Keluarga besar kakek gue cuma bisa berdoa..

Gue bangga punya kakek seperti beliau. Oiya, gue lupa ngasih tau. Nama kakek gue tuh Sumardi. Hidup sampai meninggal di Desa Ngelawak, Nganjuk, Jawa Timur. Sampai sekarang, semua orang di desa gue tau dengan orang yang bernama "Sumardi". He is a legend! B-)

Om gue kemarin juga bilang kalo gue sekarang hidupnya udah jauh lebih baik daripada hidup di jaman keluarga kakek gue. Jadi, kesempatan ini gak boleh gue sia-siakan. Om gue juga bilang kalo gue ini harusnya ya pintar, karena punya gen dari kakek gue. Cuma... gue ini kalo belajar gak pernah bener. Belajar aja sambil nonton TV dan megang HP. Ahahaha.. Yaudahlah, mulai sekarang gue harus disiplin. Gue harus nerusin perjuangan kakek gue karena gue adalah cucu yang disayanginya..

NB:  Maaf kalo gak ada foto kakek gue di postingan ini. Sebenernya sih ada. Dulu gue juga pernah foto bareng beliau kok. Cuma sampai sekarang datanya gak ketemu. Padahal udah gue cari-cari sampe di buku album foto. Nanti deh kalo ada, pasti gue masukin foto beliau. :)

Update:
My Superheroes

No comments:

Post a Comment