Saturday, June 30, 2012

High School Is Over

SMA Yayasan Pupuk Kaltim. Bener, itu nama sekolah gue selama 3 tahun gue hidup mulai dari umur 14 sampe sekarang gue lulus berumur 17 tahun. Alhamdulillah gue belum pernah meninggal selama gue sekolah di sini. Mungkin sih, sekolah gue ini sekolah nomer 1 di Bontang. Tapi coba aja tanya ke temen-temen kalian yang dari Jayapura sana.. Mungkin mereka bakalan bilang, "Hah? SMA YPK? Itu nama sekolah dari Cilacap sebelah mana?" #JustKidding
Yassalam~ Nggak taunya, dunia ini masih luas. Masih banyak sekolah lain di luar sana. Dan ternyata pemikiran gue selama ini sempit.. Iya, sesempit lingerie-nya Nikita Mirzani di acara "Jakarta Belum Bobok."


Gue bangga bisa sekolah di SMA YPK. Gue punya banyak temen baru di sini. HP gue yang dulu kontaknya cuma berisi 4 orang, yaitu; Papa, Mama, Kakak, dan Adek. Semenjak masuk SMA, kontak gue jadi berisi; Papa, Mama, Kakak, Adek, Pacar 1, Pacar 2, Pacar 3, Pacar 4, dst..
Gue yang dulu pas SMP suka males-malesan kalo belajar, Alhamdulillah setelah masuk SMA YPK ternyata semakin males belajar.. Gue yang dulu pas SMP selalu lari kalo ketemu guru killer, Alhamdulillah sekarang gue udah bisa sprint kalo dikejar guru killer SMA.
Ya pokoknya SMA YPK udah memoriable banget lah buat hidup gue. Banyak banget kenangan-kenangan yang ada di sana. Kalo semua kenangan itu gue tulis semua di blog ini, bisa-bisa jari gue longsor karena ngetikin semuanya.

Hmm, tapi kejadian yang paling terakhir gue inget banget tuh pas UN. Sekitar 30 menit sebelum UN dimulai, biasalah gue sebagai ABG tua nongkrong-nongkrong dulu gitu di depan kelas bareng temen-temen. Sekalian nungguin pengawasnya dateng ke kelas gitu.. Gue penasaran dapet pengawas sebuas apa. Iya, soalnya kan pengawasnya bukan guru dari YPK.. tapi guru dari SMA Negeri yang pastinya belum gue kenal, apalagi gue pacarin.
Akhirnya kedua pengawas kelas gue dateng, keduanya cowok umur sekitar 40an menjelang 50 gitu. Wajah mereka sangar kayak Mobil Panther tahun 70an. Keduanya berkumis tebal layaknya lelaki sejati, gue pun terpesona.. Akhirnya mereka ngomong sama kami (para peserta UN) sebelum masuk ke kelas.

"Semuanya siapkan alat tulis dan kartu peserta ujian! Kalau sudah, berbaris!," bentak kedua pengawas. Kami pun berbaris. Dan kami semua dipersilakan masuk ke kelas. Tapi sebelum masuk kelas, kami semua diperiksa satu-satu gitu. Mulai dari kartu peserta yg dicocokin sama muka peserta, cek kantong-kantong, bahkan sampe cek kuku kalo-kalo ada yang panjang! Asli.. Ini pengawasnya jangan-jangan mantan sipir di Nusakambangan kali ya.. Untung aja gue nggak diperiksa sampe telanjang bulat trus disuruh nungging gitu. Ntar gue bisa ngadu ke Kak Seto..

Udah gitu aja sih. Kami pun masuk ke ruangan ujian. Kalo nggak salah, pas itu lagi UN mapel Kimia. Gue pun buka lembar soalnya dan mulai ngerjain. Bener-bener deh, soalnya beda banget sama UN dari tahun-tahun sebelumnya! Padahal semalem sebelumnya, gue cuma belajar soal UN kimia tahun 2010-2011! Jantung sama otak gue mau copot. Keder banget gue ngerjain soal-soal yang bahkan belum pernah gue liat.

Di saat gue lagi ngerjain bercampur panik gini, tiba-tiba gue denger suara aneh samar-samar. Bukan.. suara itu bukan suara temen di sebelah gue yang kentut diem-diem. Melainkan kedua pengawas itu ngobrol bisik-bisik! Awalnya sih nggak papa, nggak bikin gue tambah lancar ngerjain soal gitu. Sampai akhirnya 15 menit berlalu dan mereka masih aja bisik-bisik gak jelas. Kepala gue baru aja mikir "Alumunium termasuk ke dalam logam golongan...pedangdut yang lolos di Acara Tarung Dangdut MNC TV bohay semua!"
Anjrit! Ternyata pemikiran gue bercampur sama obrolan yang gue denger dari para pengawas! Gue jengkel.

Tiba-tiba salah seorang temen gue berani negur mereka. Temen gue kalo nggak salah bilang gini, "Pak, bisa diam nggak? Ini UN dan kami sedang mengerjakan!" keluh temen gue sambil sedikit bentak.
Akhirnya kedua pengawas saling menatap keheranan. Tapi ujung-ujungnya mereka jadi diem, semakin kalem, dan bahkan melepas celana dalem~

Untung temen gue udah ngingetin tuh pengawas.. Kalo nggak, gue bisa ngebalik meja sambil marah-marah, "Maksud kalian bisik-bisik ngomongin Tarung Dangdut itu apa hah?! Tau nggak, tadi malem saya tuh sedih nggak bisa nonton acara itu karena harus belajar!? Sekarang, nungging kalian, NUNGGING!"
Namun karena gue anak yang ganteng, baik hati, dan tidak sombong, serta rajin menabung, yaa gue tetep ngerjain UN dengan khusyuk.

Alhamdulillah, UN Kimia selesai dan gue lumayan lancar berkat bantuan intuisi "menembak jawaban" yang diwariskan oleh Olga Syahputra.. Kenapa Olga? Gue juga nggak ngerti. Mungkin karena gue ngetik postingan ini sambil dengerin lagu "Hancur Hatiku" dari Olga.

Ya gitu deh pokoknya. Sampai mati juga mungkin gue nggak bakalan lupa sama semua memori masa SMA. Ahhh, sekarang gue udah lulus dan harus menghadapi duniaaa!


Naaaah, berikut ini bakal gue share beberapa potret pojok-pojok sekolah gue. Foto ini gue ambil dari FBnya Mbak Afika as known as Mbak Dewi. Sorry ya Mbak, aku nggak bilang-bilang udah ngambil fotonya :p









"Gue pasti bakalan selalu kangen sama SMA YPK. Mungkin kalo kangen, gue bisa kapan aja dateng ke sekolah ini. Tapi nggak bareng temen-temen lagi, nggak pake seragam lagi, dan status gue di sekolah ini bukan lagi sebagai murid.."

No comments:

Post a Comment