Saturday, July 22, 2017

Sweet Tooth

Tempat konsernya dokter

Sejak tahun 2012, gue adalah orang yang taat sama kesehatan. Setiap 6 bulan sekali, gue pasti ke dokter mata, THT, sama dokter gigi buat periksa rutin meskipun gak ada keluhan sakit. Kadang medical check up juga kalo sempet. Makanya gue paling ngerti sama badan gue sendiri. Kalo udah mulai agak gimana-gimana, gue tau apa penyebabnya dan bisa ngatasin sendiri.

Kali ini gue mau nyeritain gigi gue yang impaksi. Apa itu impaksi? Kalo dari google, artinya sih gini: "Impaksi gigi adalah suatu keadaan dimana benih gigi atau calon gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya hingga mengakibatkan gigi tidak dapat keluar atau tumbuh secara normal. Pada kasus impaksi gigi geraham biasanya dapat mengganggu pengunyahan."
Intinya, ada gigi yang salah tumbuh di dalem gusi. Yang harusnya tumbuh ke atas, ini tumbuhnya ke samping.


Nah, Januari 2017 kemaren gue ke dokter gigi buat periksa rutin. Kali ini gue ada keluhan. Gue ngerasa ada kayak gusi terkikis di sekitar gigi geraham kiri atas. Pas diperiksa, dokternya bilang ini bukan gusi terkikis, tapi kayaknya ada gigi tumbuh alias gingsul. Udah tuh, gue disuruh foto x-ray atau rontgen. Nah pas fotonya jadi, gue kaget.

Hattrick 3 gigi impaksiii!!!
Wah wah, ternyata gak cuma 1 gigi yang salah tumbuh. Tapi ada 3. Liat tuh di atas ada 1 di kiri, di bawah ada 2 di geraham semua. Kenapa gue kaget? Ya karena gue rutin periksa 6 bulan sekali sejak 2012. Bayangin tuh udah berapa dokter yang periksa, dan semuanya selalu bilang gigi gue baik-baik aja.

Udah tuh gue kasih fotonya ke dokter gigi yang meriksa gue. Dia bilang 3 gigi ini cepat atau lambat harus dicabut. Meskipun sekarang gak sakit, nanti ke depannya bakalan jadi sumber penyakit serius. Gue sih nurut-nurut aja. Gue tanya, "Kapan nih dokter bisa cabut gigi saya?". Dan dokternya jawab, "Wah kalo giginya masih di dalam gusi gini, saya gak bisa cabut. Harus operasi ke dokter gigi spesialis bedah mulut. Kalo mau, sekarang saya bikinkan surat rujuknya. Mas mau di rumah sakit mana? Yang deket ada nih di Samarinda atau Balikpapan". Hmm, gue gak bisa langsung jawab dong. Gue bilang ke dokternya kalo gue mau ngomongin dulu ke orang tua. Karena kalo operasi sampe ke luar kota gini, harus ada pendamping.

Setelah gue rundingin, gue pilih operasi di Balikpapan. Gue sih mau berangkat operasi secepatnya. Eh tapi ternyata Februari gue ada jadwal wisuda. Akhirnya operasi gue pending, dan terealisasi di bulan Juli. Kok lama? Emang. Kan gak urgent, gak sakit sama sekali soalnya. Jadi gue mau santai-santai dulu nikmatin masa jadi pengangguran. Hahaha.

Skip. Senin 4 Juli gue ke Balikpapan didampingi sama mama gue. Gue milih operasi di (sebut aja) Rumah Sakit Balikpapan yang disingkat RSB. Gue dateng tuh buat konsul terakhir sebelum operasi sama dokter gigi spesialis bedah mulutnya. Dokternya bilang ntar pas operasi gue dibius total karena yang dicabut 3 gigi. Ini termasuk banyak kalo kata dokternya. Dia aja paling banyak nyabut 2 gigi, belum pernah langsung 3 gigi sekaligus. Dan gue dikasih tau, kalo kondisi gue pas operasi bagus dan gak ngeluarin banyak darah, gigi gue bisa langsung dicabut 3 sekaligus. Kalo ada trouble atau banyak berdarah, ya dicabut 2 gigi dulu. 1 sisanya dioperasi lagi kapan-kapan. Wah gawat kalo ada trouble gini.

Terakhir sebelum selesai konsul, gue nanya, "Dok, nanti kan habis operasi pasti gigi saya bengkak. Apa pas kondisi kayak gitu saya boleh olahraga lari atau fitness?". Dokternya cuma senyum-senyum sambil jawab, "Halah Maaas Maaas. Istirahat aja deh. Saya yang sehat gini aja gak pernah olahraga kok! Hahahahahaha!". Wah ketawanya keras banget kayak orang bangga naik jabatan. Ya gue ikut ketawa. Lha wong perawakan dokternya gemuk gitu. Lucu kalo ketawa sambil pegang perut.

Di hari ini juga gue harus cek laboratorium trus nginep di RSB. Karena besok siangnya gue mau operasi. Ini nih gue hampir kena masalah karena ternyata fungsi hati gue agak tinggi. Gue ketahuan kalo sering begadang dan makan gorengan. Tapi untungnya, ini masih bisa ditolelir karena hasilnya gak tinggi-tinggi amat dari batas normal.

Gue sama mama langsung masuk tuh ke bangsal jam 8an malem. Gue disuruh pake baju pasien opname. Gue ngerasa aneh aja, soalnya gue sehat-sehat aja tapi kok harus pake baju begini dan opname di RSB. Trus gak lama, ada suster dateng mau masangan infus di tangan kiri gue. Susternya keliatan masih muda dan cantik. Gue disuruh ngepalin tangan kiri gue biar infusnya bisa dipasang. Sambil masangin infus, dia ngobrol-ngobrol sama mama. Dia katanya masih baru kerja dan belum menikah. Waaah, kesempatan nih gantian gue yang ajak ngobrol. Gue nanya, "Mbak, kayaknya masang infusnya telaten gini. Dulu kuliah di mana emang?". Padahal nyut-nyutan banget itu tangan gue pas dia masangin infus. Dan dia jawab, "Hmm, kuliah di STIKES Jogja Mas. Masnya tau?". Gue sok asik aja, "Ooo, tau dong Mbak. Temen saya ada yang kuliah di situ juga, tapi sekarang kerjanya di bank. Ini mbaknya berarti baik ya, mau mengabdi nolongin orang. Hehe.". Mbaknya cuma senyum-senyum aja karena lagi serius banget masukin jarum infus ke tangan gue. 

Hingga akhirnya terjadi percakapan kayak gini.
Suster: "Oke Mas. Udah bisa dilepas."
Gue: "Hah? Apanya Mbak yang dilepas?"
Suster: *manyun-manyun ke arah tangan gue yang masih ngepal*
Gue: "Oooh, anunya nih Mbak yang dilepas?"
Suster: "Iya. Anunya, Mas."
Gue: *ngelepas tangan kiri gue yang ngepal* 

Seketika hening. Gue bingung selama beberapa detik. Sampai akhirnya gue sadar kalo barusan ini percakapan vulgar. Gue juga sampe lupa kalo mama gue masih di sebelah gue merhatiin obrolan gue sama susternya. Udah tuh, susternya buru-buru beresin alatnya trus kabur sambil senyam-senyum. Gue pun tidur setelah diinfus. Selama 22 tahun gue hidup, ini baru pertama kalinya gue diopname di rumah sakit. Dalam keadaan sihat wal'afiat.
Anunya udah bisa dilepas Mas~
Jam setengah 6 pagi, tiba-tiba gue didatengin 5-6 perawat sekaligus. Gue deg-degan kirain gue mau diruqyah apa gimana. Gak taunya mereka cuma nanya, "Gimana Mas? Gak ada keluhan? Ini Mas kami bawain bubur buat sarapan. Masnya nanti jam 6 udah mulai puasa ya. Biar nanti operasinya lancar." Udah, gitu aja. Yaa ternyata emang perawat-perawatnya baru ganti shift. Jadi meriksa keliling ke semua bangsal. Setelah itu, dokter ama suster dateng beberapa kali. Ada yang meriksa tensi, ada yang meriksa paru-paru, ada yang meriksa alergi, ada yang nyuntik ini-itu, wah macem-macem. Ini semua dilakuin karena siang ini gue mau operasi. Jadi kondisi badan gue dipastikan harus fit.
Gak tau dah tuh gue diapain.
Gak terasa tau-tau udah jam 1 siang. Gue didatengin perawat laki-laki dan disuruh ganti baju operasi. Habis itu, gue langsung dianter ke kamar operasi pake kasur dorong. Asli ini gue jadi rada grogi. Rasanya kayak artis di film-film yang mau operasi penyakit aneh-aneh. Mama gue ngikutin di samping. Nah pas gue mau masuk kamar operasi, kan mama gue gak boleh ikut tuh, trus perawatnya bilang ke mama, "Bu, ini anaknya mau dioperasi. Apa ada pesan-pesan terakhir?". Bajingaaan, serem amat pesan terakhir. Gue sama mama langsung deg-degan. Mama bilang ke gue, "Le, jangan lupa berdoa ya. Mama tungguin di sini." Gue malah jawab, "Iya ma. Nanti gigiku yang dicabut mama simpen ya. Dokternya nanti tak kasih tau biar gigiku disimpankan."

Gue pun masuk ke kamar operasi. Asli ini seruangan isinya alat-alat medis yang gede-gede banget ampe bikin gue keder. Gue dikelilingi sama banyak perawat, ada 4 atau 5 orang kali tuh. Badan gue mulai dipasang alat macem-macem. Ada yang ditempel di dada, di lengan, sama di jempol. Gak lama, dokter gigi spesialisnya dateng. Gue cuma ditanya, "Gimana Mas? Udah siap? Hahaha. Ini nanti giginya saya cabut yang atas, trus yang bawah 2 biji ya?". Ya gue gak tau mau jawab gimana, "Ya gimana baiknya aja deh dok. Dokter kan yang lebih ngerti." Udah, gue baru baca bismillah, langsung deh tuh disuntik bius di infus tangan kiri gue. Rasanya tuh ya, kayak ada sesuatu yang anget sama agak-agak kesemutan, ngalir dari bagian kiri badan trus ke bagian kanan pelan-pelan. Badan gue mendadak berat banget, tangan kiri gue udah gak bisa gue rasain. Rasanya kayak gravitasi dinaikin 10x lipat deh tuh. Mata gue juga cuma bisa melek setengah, padahal itu udah gue paksa melotot. Pas gue sengaja meremin, tiba-tiba skip. Gelap. Gue gak sadar.

Jam 5 sore. Gue bangun-bangun reflek ngangkat tangan kiri gue ke arah mulut. Langsung diteriakin mama yang ada di samping, "Le, tanganmu jangan dipake buat garuk mulutmu." Mama gue megangin tangan kiri gue yang mau megang mulut gue. Gue masih bingung dan setengah sadar. Mulut gue emang rasanya kayak ada yang ganjel, dan gue gak bisa ngomong. Gue minta HP ke mama pake isyarat. Pas gue pegang HP, HPnya jatoh. Lemes banget tangan gue. Tapi akhirnya bisa gue pegang juga tuh HP. Gue langsung nyalain kamera depan dan liat mulut gue. Dan ternyata...
Rampok digebukin warga
Gue kaget muka gue kenapa jadi gini. Dan itu mata gue ngeluarin banyak air mata btw. Padahal gue gak merasa kesakitan dan gak mimpi apa-apa.Trus tanpa gue tanya, mama gue ngejelasin kalo operasi gue berhasil. Katanya operasinya 2 jam, tapi gue gak sadar dari jam 2 sampe jam 5. 3 gigi impaksi gue udah dicabut semua.  Gue langsung lega. 5 menit kemudian gue sadar kalo gue udah puasa dari jam 6 pagi sampe jam 5 sore. Tenggorokan gue kering. Tapi gue gak haus dan laper karena diinfus. Gue saat itu cuma bisa minum lewat sedotan. Jam setengah 6 sore, ada suster datang buat ngelepas semua perban di mulut gue. Setelah dilepas, gue heran kenapa mulut gue gak bengkak sama sekali dan gue bisa ngomong lancar. Cuma terasa agak kebas dan ganjel aja di mulut. Ini antara kondisi gue emang fit, dokternya jago, atau obatnya manjur? Gak tau deh.

Besok siangnya gue pulang ke Bontang naik pesawat. Gue saat itu masih bisa ketawa-ketawa dan bilang, "Halaaah. Operasi cabut gigi ternyata gini aja. Anak TK juga berani nih." Sombong gue gak bertahan lama. Pas sampe rumah gue kelaparan dan langsung bingung karena gak bisa ngunyah. Gue cuma bisa nelan. Akhirnya gue makan minum jus bakso, jus ayam, jus pangsit, jus sayur asem, jus rawon, sama jus-jus aneh lainnya. Sumpah rasanya gak enak sama sekali. Malah bikin mual. Mungkin ini sebabnya gak ada orang yang jualan jus ayam/daging.

Karena makanan gue seadanya dan sebisanya gini, berat badan gue turun 4 kg dalam 7 hari. Awesome. Gue akhirnya bisa ngunyah dan makan normal lagi setelah seminggu. Makanan pertama yang gue makan adalah indomie goreng. Asliii makan gitu aja terasa enaaak banget sampe gue mau nangis terharu. Beneran deh. Setelah seminggu perjuangan minum makanan ala deep web. :')



Nah, cerita di atas tadi mungkin bisa nakutin kalian yang gak pernah periksa gigi. Logikanya ya, gue yang rutin periksa aja ternyata ada 3 gigi impaksi, gimana kalian yang gak pernah periksa? Coba googling deh, sakit gigi itu bisa kena saraf macem-macem lho. Efeknya bisa demam, pusing, sampe ada yang stroke dan sakit jantung lho. Hehe.

Gue kasih tau nih ya, sebelum operasi, gue tanya-tanya dulu ke orang yang udah pernah cabut gigi impaksi. Tetangga gue kan ada tuh. Dia bilang pas dia cabut 1 gigi impaksinya, itu butuh waktu 2 jam tanpa bius total alias keadaan sadar. Dia baru cabut 1 gigi dan dia kapok. Trus dia tanya ke gue, "Lho? Emang kamu mau cabut berapa gigi, Le?" Gue bilang, "Hmm, langsung 3 gigi sekaligus nih, Tante." Tetangga gue pun langsung ngetawain.

Gue sebenernya berani operasi karena 1 hal, yaitu gue ikut asuransi. Jadi semua biayanya ditanggung. Jujur aja nih ya, biaya gue operasi, opname 3 hari 2 malem, dan obat-obatannya, total 16 juta. Untung semuanya ditanggung asuransi. Makanya nanti kalo udah punya penghasilan, gue mau daftar asuransi lagi aja lah. Karena investasiin kesehatan itu penting.

Akhir kata, saya mengucapkan:

"Segeralah operasi gigi impaksi anda bila biayanya ditanggung asuransi."

Sisa-sisa perang

No comments:

Post a Comment