Monday, February 20, 2017

Stories from Our College Part 1

WISUDA = MENJADI PENGANGGURAN BERJAMA'AH

Setelah wisuda, kuliah ternyata udah bener-bener kelar. Nggak terasa. Masuk 2012, plonga-plongo sama dunia baru. Lulus 2016, udah jadi orang yang lebih dewasa. Ya gitu, ternyata kuliah bukan cuma proses belajar, tapi proses jadi manusia yang lebih baik. Kecuali kalo situ kuliah di Suzuran.

Kalian yang udah ngerasain kuliah itu pernah sadar nggak sih? Kalo kuliah itu bisa ngerubah drastis pola pikir jadi jauh lebih baik. Padahal pas dulu gue masuk sampe lulus SMA, pola pikir gue kayaknya di situ-situ aja. Nah pas kuliah ini kok kayaknya tiap hari ada aja kejadian-kejadian yang akan ngerubah pola pikir kita. Yang kayak begini ini nih yang mungkin cuma didapet karena kuliah. Lulus-lulus jadi lebih open table minded. 

Selama hampir 4,5 tahun kuliah di Teknik Elektro Brawijaya, gue udah ngalamin banyak hal. Di dalem maupun luar kampus. Mungkin pengalaman-pengalaman kayak begini yang bikin gue jadi lebih dewasa. Ada sedih, susah, seneng, sial, sampe serem.

Gue ceritain beberapa nih ya yang gue inget dan sampe sekarang masih bisa diketawain. Skuuuy~



KEGEP ITU BIKIN DEG-DEGAN (EPISODE 1)

Kejadiannya pas semester 3. Gue waktu itu ngambil mata kuliah X, bareng 2 temen gue. Si Mete sama Gugun. Jadi paginya, kami kuliah dari jam set 8 sampe jam 10. Trus jam 10nya kami ada jadwal matkul X sampe jam 12. Kami bertiga waktu itu males ikut matkul X, udah capek. Akhirnya kami titip absen (TA) ke salah satu temen kami yang juga kuliah matkul X, namanya Risto. Padahal nih ya, matkul X ini yang ngajar dosen legend killer yg udah berumur 63 tahun. Jadi sebelum bolos, kami bilang ke Risto begini, "Cuy, ntar TAnya kalo bisa aja lho ya. Kalo pas nggak diabsen gitu. Kalo emang sikonnya nggak bisa TA, ya nggak usah TA deh gpp. Bapaknya galak soalnya.".

Akhirnya gue, Gugun, sama Mete pulang. Waaah, sampe rumah rasanya enak bener bisa leyeh-leyeh sambil nonton TV. Nggak terasa udah mau jam 12 siang. Gue ngantuk. Gue mau tidur siang. Tiba-tiba HP gue ada SMS masuk, dari Risto. Isinya gini, "Bro, sorry nih. Tadi kan aku TAin kalian bertiga. Tapi ternyata pas mau pulang, satu kelas diabsen. Kalian kegep TA deh. Kalian disuruh ngadep ke dosennya secepatnya. Sorry lho ya."

Anjing. Gue yang udah mau merem, mendadak melek lagi. Langsung deg-degan. Gue telpon tuh si Mete sama Gugun. Akhirnya kami deal harus ke kampus sekarang juga buat ngadep ke dosen matkul X. Sampe kampus, dosennya nggak ada, udah pulang. Kami bertiga pun pulang juga. Sampe rumah, gue nggak tenang. Kebayang-bayang muka marah dosennya terus sampe susah tidur.

Besok paginya, kami bertiga ke kampus lagi padahal nggak ada kuliah. Tujuannya cuma satu, sungkem minta maaf sama dosen matkul X. Nunggu sampe jam 10, akhirnya dosennya nongol juga. Langsung kami hampirin tuh meskipun sambil deg-degan. Dosennya langsung nyuruh kami bertiga ke ruang pengajaran buat diinterogasi. Dosennya nggak marah, tapi nada bicaranya serem kayak malaikat pencabut nyawa. "Ooo, jadi kalian bertiga ini yang kemarin titip absen? Kalian tau kan kalau titip absen itu dilarang? Kira-kira kalian mau dikasih hukuman apa?". Kami bertiga diem aja karena gemeteran.

Mete yang pertama ditanya alasan kenapa TA. Dia jawab gara-gara malemnya nonton bola, jadi paginya capek. Yang kedua si Gugun ditanya apa alasannya. Dia jawabnya idem kayak si Mete. Dosennya cuma, "Hmm..." gitu aja sambil senyum-senyum serem. Giliran gue yang ditanya, "Nah kalau kamu, kenapa titip absen?". Gue yang dari awal udah takut sama dosennya, refleks jawab "IYA MAAF PAK SAYA SALAH. SAYA EMANG SALAH PAK. MAAF PAK UDAH TITIP ABSEN.". Dosennya bales, "Ya memang kamu salah. Tapi apa alasanmu titip absen di mata kuliah saya?". Gue jawab aja sama kayak yang lain "Saya nonton bola Pak sama mereka berdua. Jadi paginya capek.". Langsung disenyumin serem sama dosennya, "Yang main bola itu pemain bolanya apa kamu? Kamu cuma nonton bola aja kok capek?". Gue diem aja. Baru kali ini ada orang bercanda tapi gue nggak berani ketawa.

Akhirnya dosennya bilang, "Ya sudah, karena kalian jujur, kali ini saya maafkan. Lain kali jangan diulangi.". Kami bertiga langsung sungkem sama dosennya. Lega banget emang kalo udah ngelewatin yang serem-serem. Rasanya kayak menang Uji Nyali Dunia Lain. Plong~



PRAKTIKUM BERDARAH

Buat yang belum tau nih ya. Kuliah di jurusan gue itu nggak cuma belajar di kelas, tapi ada praktikum di laboratorium. Inilah yang bikin kuliah di sini itu ribet. Udah pusing pelajarannya susah, habis itu langsung ada praktikum. Gue jelasin dikit nih ya. Praktikum itu percobaan di lab, lanjut bikin laporannya yang kadang-kadang dikasih tugas juga sama asisten labnya, trus ngumpulin laporannya alias asistensi biar lulus. Pusing pala Nassar~

Nah, waktu itu gue masih inget. Hari Kamis deh pokoknya. Pagi-pagi jam setengah 8 gue ada kuliah sampe jam 12. Trus jam setengah 1 siang ada praktikum. Gue dateng tuh ke lab, ikut praktikum, selesainya jam 2. Waktu itu laporan yang harus dikerjain ada banyak banget dan harus asistensi ntar malemnya. Bodo lah gue udah capek. Pulang-pulang gue tidur. Niatnya tidur sejam doang, eh kebablasan sampe jam 5 sore.

Bangun-bangun gue panik langsung buru-buru ngerjain laporannya, soalnya jam 7 malem gue harus ke lab buat asistensi. Akhirnya laporan gue kelar pas jam 7. Langsung deh tuh gue berangkat ke lab. Sampe di lab, gue nyariin asisten labnya untuk asistensi. Pas ketemu, laporan gue dia liat. Dia geleng-geleng, trus bilang, "Wah, Mas. Ini grafik 1 sampai 5 ada salah dikit. Tingginya kelebihan 2 mili. Direvisi ya Mas grafiknya, gambar ulang lima-limanya. Nggak boleh pake tipe-x."

Gue mbatin dalem hati, "Babi ngepeeet! Kelebihan 2 mili aja disuruh gambar ulang lima-limanya! Ini kalo gue bikin ribut juga nggak ada gunanya! Ntar malah gak lulus-lulus!". Akhirnya gue revisi tuh laporan di depan lab. Gue gambar ulang grafiknya sambil berlinang air mata. Tapi ternyata, nggak cuma gue yang kena revisi nyebelin gini. Banyak temen-temen gue yang kena juga! :')

Gue kelar revisi jam 9an malem. Gue balik ke lab nyariin asisten labnya yang tadi. Eh taunya nggak ada. Dia lagi makan di luar. Makin pusing deh pala Nassar. Akhirnya gue tungguin aja dia di depan lab. Jam 11, anaknya baru dateng. Langsung gue sleding tuh, gue minta asistensi sekarang juga. Trus dengan entengnya dia ngomong, "Wahduh, Mas, Aku jam segini ada pelatihan workshop e. Besok aja ya Mas asistensinya.". Udah. Gue nggak mau liat mukanya, dan gue langsung pergi. Daripada kita berantem ya kan?

Sampe parkiran, gue liat motor gue kok parkirnya rada miring-miring. Ternyata, ban belakangnya kempes total. Gue tanya temen di sebelah gue, dia bilang, "Oiya aku ingat. Beberapa hari lalu ada aturan baru. Kalo parkir di kampus sampe lebih dari jam 11, ban belakangnya dikempesin tukang parkir. Biar gak dicolong maling katanya.". Kali ini pala Nassar udah nggak pusing, tapi meledak. Keadaan gue yang waktu itu udah capek, laper, ngantuk, malah kena jebakan betmen macem begini di malem jumat. Gue pengen teriak "JUWANCOOOOOOOOOOOOKKKK!!!!" keras-keras, tapi nggak berani, takut dikira orang gila.



Itu dulu deh ya yang bisa gue ceritain. Aslinya banyak banget pengalaman yang seru-seru. Cuma pegel ngetiknya bikin jari gondrong. Semoga aja dalam waktu dekat bisa gue post, soalnya gue udah ada draft buat cerita Part II-nya. Bilang apaaa? A~miiin~


Keluarga
Voltage 12

Trio Gabut
Elektro Bajingan


Konco Lawas

Sertifikat Lulus


No comments:

Post a Comment