Saturday, July 28, 2018

Not So Fresh Fresh Graduate

Foto langka sang pengusaha Paytren
Alhamdulillah, akhirnya mau ngeblog lagi. Kali ini mau nyoba ah ngeblog gak pake "lu-gue", tapi pake "aku-kamu". Pernah sih dulu aku nyoba pake "aku-kamu", tapi jadinya malah kaku banget kayak tangannya Hotman Paris. Mulai dari sekarang deh kalo gitu.

Oke, aku dulu kuliah lulusnya akhir 2016, wisudanya awal 2017. Kalo dihitung-hitung, aku sudah nganggur selama setahun lebih. Sangat nice sekali untuk seorang bajingan. Tapi aku nganggur bukan berarti aku gak ngelamar kerja sama sekali lho ya. Udah lumayan banyak perusahaan yang manggil aku tes. Tapi karena aku tinggal di Bontang dan panggilan tesnya di Jawa, jadi aku lebih sering skip daripada ikutan tes. Bener-bener bajingan kelas kakap merah.

Nah, akhirnya di awal 2018, aku ikut tes sebuah perusahaan. Perusahaan yang (awalnya kukirain) gak ada hubungannya sama kuliahku di teknik. Sebut aja nih ya nama perusahaannya Asuransi X. Nama perusahaannya sengaja kusamarkan karena di blog ini aku suka ngomong jorok. Di sini bakal kuceritain gimana tahapan-tahapan tesnya. Tapi inget ya, di sini aku cuma mau sharing-sharing aja, gak ada niat buat menggurui apalagi menggauli. Kuy lah!

 TAHAP 1: Tes Psikometri Online

Jadi nih ya, di tahap ini tesnya terdiri dari Critical Reasoning Test, Asian Personality Assessment, dan Business English Indicator. Tapi intinya, tes ini kayak semacam TPA, pertanyaan personality, sama soal bahasa inggris kayak TOEFL tapi tanpa listening. Alhamdulillah aku lancar-lancar aja pas ngerjain ini secara online di rumah. Kendalanya paling cuma deg-degan aja takut mati lampu atau internet putus.

TIPS: Kalo tes model gini, intinya harus sering-sering latihan aja. Aku nganggur setahun tapi hampir setiap malam latihan ngerjain soal TPA sama ngerjain soal TOEFL. Belajar itu gak ada ruginya cuuuy!



TAHAP 2.1: Assessment Kompetisi (Tulis)

Tes di tahap ini sih online juga. Jadi ntar kamu dikasih pertanyaan seputar kuliah/kerja/organisasimu. Kira-kira pertanyaannya tuh gimana caranya kamu bisa nyelesaikan masalah individu atau dalam kelompokmu. Pertanyaannya sih dikit, tapi jawabannya bisa panjang-panjang banget kayak dosa koruptor. Kalo gak biasa ngetik, jari bisa kendor. Mana pas kemaren udah ngetik banyak-banyak dan berjam-jam, pas di-submit malah error cuk!

TIPS: Jangan terlalu polos dalam bercerita. Anggep aja kayak lagi ceritain dongeng ke ponakan. Aku sih jawabnya jujur, tapi ada yang kubikin drama dan hiperbola. Biar menarik dong ah. Oiya, jangan lupa nih ya, sebelum klik submit, foto dulu semua jawabanmu. Karena akan ditanyain di tes selanjutnya.
Hamsyooong



TAHAP 2.2: Assessment Kompetisi (Wawancara Online)

Sampe di tahap ini, sistemnya masih tes online, wawancara via skype. Jadi aku video call gitu sama orang yang nginterview. Kebetulan pas itu aku dapet interviewer-nya mbak-mbak yang masih muda. Jackpotnya, seperti yang udah kuduga, pertanyaannya sama persis sama tes sebelumnya. Jadi aku ngomongnya santai aja kalo dia tanya-tanyain. Cuma ada satu insiden, internetku putus pas aku lagi antusias ngejawab pertanyaannya. Koneksinya sempet putus beberapa kali. Aku waktu itu udah pasrah kayaknya gak bakal bisa ngelanjutin interviewnya. Eh ternyata setelah baca basmalah, koneksinya bisa nyambung lagi. Rejeki anak setan. Hehe.

TIPS: Wah, kalo tahap ini, harus jago ngomong. Meskipun jawabanmu bagus, tapi kalo ngomongnya a'u'a'u', kayaknya interviewer-nya bakalan bosen dan omonganmu gak didengerin. Untungnya aku jago bersilat lidah. Sebaiknya memang harus les conversation dulu sama Saaih Halilintar biar kalo ngomong bisa songong.



TAHAP 3: Wawancara Manajemen

Alhamdulillah bisa sampai ke tahap ini. Kali ini tesnya gak online dan harus langsung tatap muka sama direksinya di kantor pusat Asuransi X Jakarta. Singkat cerita, di hari-H aku udah sampai di kantor pusatnya. Tinggal nunggu giliran dipanggil interview aja. Jadi gini, direksi di perusahaan ini ada 4. Dan satu peserta kebagian di-interview sama 2 direksi. Jadi ini random aja bakal kena interview sama direksi yang mana. Nah, di group whatsapp para peserta rekrutmen, lagi rame tuh pada bahas ada direksi yang katanya galak kalau nge-interview, namanya (sebut aja) Pak Z. Wah, ini aku nunggu dipanggil sambil berdoa biar gak ketemu Pak Z. 

Sampai akhirnya, aku dipanggil masuk ke salah satu ruangan direksi. Jackpot lagi nih, mataku langsung liat ada Pak Z sama 2 orang tamunya. Pak Z langsung bilang, "Silakan masuk, Mas. Sini saya interview bareng 2 orang tamu saya." Asli nih bener-bener jackpot kena interview 3 orang sekaligus. Yaudah kumulai aja perkenalan diri. Aku cerita kalo hari ini, tanggal 14 Maret, itu ulang tahunku. Wah, aku langsung disalamin sama 3 orang tuh. Haha.

Di sini aku bakal nulisin sebagian percakapanku sama Pak Z selama interview. 2 orang tamunya juga nanya-nanya sih cuma gak sebanyak Pak Z. Jadi gini deh cuplikannya.


Pak Z (Z): Mas Faris kenapa mau ngelamar di perusahaan asuransi?

Aku (A): Karena menurut saya, asuransi di Indonesia itu belum menjadi budaya. Bila dibandingkan dengan pajak yang telah menjadi budaya kita, asuransi masih belum menjadi kesadaran banyak orang. Bayangkan saja, setiap bulan gaji kita dipotong pajak, makan di restoran juga kita rela bayar pajak, bahkan parkir kendaraan pun kita taat membayar pajak. Tapi asuransi belum punya budaya seperti itu. Padahal asuransi itu penting. Ibaratnya seperti kita membayar untuk diri kita sendiri di masa depan.

Z: Hmm, kalau seperti itu, solusimu apa?

Aku sebenernya udah bingung mau jawab apa. Akhirnya aku jawab ngawur aja tapi tetep konsisten ngomongnya sambil antusias.

A: Tentu saja solusinya adalah Asuransi X harus meningkatkan kualitas dan kinerja dari segi pelayanan. Dengan begitu, jasa yang kita berikan kepada klien akan menjadi efisien dan ....

Jawabanku langsung dipotong Pak Z.

Z: Lho bukan gitu, Mas, jawabannya. Saya berharap kamu menjawab akan membuat inovasi di bidang e-commerce, e-marketing, atau apalah yang lainnya. Tapi jawabanmu itu gak nyambung. Kamu itu cuma bisa memberi opini, tapi gak bisa kasih analisisnya. Semangatmu memang bagus, tapi kerjamu nanti belum tentu bagus. Orang kayak kamu itu bahaya kalo kerja di perusahaan ini.

Anjay apa-apaan nih baru mulai udah diginiin aja. Tapi ya aku harus stay cool. Gak boleh gentar kalo dibilang gini sama Pak Z. Bodo amat, kenal juga enggak.

Trus Pak Z nunjukin kertas hasil psikotesku.

Z: Coba diliat ini, Mas. Di hasil psikotesmu ini padahal nilai kemampuan analisismu cukup tinggi, dan di sini kemampuan beropinimu malah yang agak rendah. Tapi kok pas wawancara gini malah kebalikannya? 

A: Oh iya, baik, Pak. Kedepannya nanti saya pasti akan memperbaiki kemampuan saya lagi. Dan saya pasti bisa meningkatkan kemampuan saya apabila sudah ditempatkan langsung di lapangan untuk menyelesaikan permasalahannya. Karena saat kuliah, saya lebih senang untuk melakukan percobaan dibanding terus-menerus mempelajari teori. Buktinya, skripsi saya pun berhasil saya buat jurnal internasionalnya dan telah di-publish di forum internasional.

Pak Z dan 2 tamunya langsung excited. Mereka langsung nanya-nanyain skripsi sama jurnal yang kubuat. Ya jelas aja aku jawabnya jadi lancar. Kan itu aku sendiri yang bikin. Aman~
Ibarat maen bola, ball possession udah aku yang kuasai. Wawancara pun lancar.

Interviewer selanjutnya ketemu direksi yang lainnya. Dan ini lebih santai. Cuma ditanya latar belakang sama keseharian doang. Seperti biasa, aku jawab dengan jujur namun bisa menjual. Hahaha.

TIPS: Oiya nih, interview ini pake bahasa inggris. Yaa 80% lah kira-kira. Untung aja aku dari dulu kalo nonton film di laptop, lebih suka pake subtitle bahasa inggris. Jadi sedikit-sedikit udah terbiasa sama conversation bahasa inggris. Mayan kan cuy nambah-nambah ilmu in a fun way.
Dan kalo ngomong pas interview nih ya, aku dikasih tau sama tetanggaku yang psikolog, intinya jangan gentar dan harus tetep konsisten. Meskipun kamu dikasih pressure sama interviewer-nya, emosimu harus tetep stabil. Anggep aja lagi ngobrol sama Mamah Dedeh. Rileks~
Deg-degan cuy nunggu dipanggil audisi Dangdut Academy.



TAHAP 4: Medical Check

Eitsss. Sampai juga nih di tahap yang terakhir, tes kesehatan. Aku sih pede-pede aja sama tes ini. Soalnya aku hobi olahraga hampir tiap hari. Dan makananku sehari-hari makanan rumahan yang InsyaAllah syehat halalan thoyyiban. Jadi nih ya, karena domisiliku di Bontang, tempat tesku ada di (sebut aja) Klinik Prodiya di Samarinda. 3 jam perjalanan darat dari Bontang.
Nunggu antrean Fake Hospital

Skip nih, akhirnya aku sampai di klinik. Langsung ke administrasi dan dipersilakan untuk ngikutin prosedurnya. Di awal langsung disuruh tes urine nih. Oke deh aku ambil tempat tampungnya kayak tabung kecil gitu, trus bawa ke wc buat diisi kencingku. Pas sampe wc, aku bingung sendiri. Lah tabung sekecil ini mana bisa nampung semua kencingku. Akhirnya aku kencing pake teknik senam kegel ala Dokter Boyke, buang-tahan-buang-tahan-buang-tahan, gitu aja terus sampe tabungnya pas penuh.
Kencing biawak aja kayaknya gak muat kalo ditampung di sini.
Setelah itu, ya kayak prosedur tes kesehatan biasanya. Cek tensi, jantung, paru-paru, mata, THT, gigi, dan sebagainya. Sampai akhirnya ada tes fisik. Di sini aku ke ruangan dokter, fisikku diperiksa tuh sama dokternya. Dia juga nanya-nanya soal riwayat penyakit, operasi, dan sebagainya. Sampai akhirnya dia nanya, "Mas, mau cek kelamin dan anus?". Ya aku bingung. Yang tau prosedurnya kan dia, yang disuruh jawab malah aku. Akhirnya kubilang aja terserah, yang penting sesuai sama kebutuhan tesnya aja. Yaudah, aku disuruh lepas celana sedaleman-dalemannya juga tuh alias bugil, trus terlentang di kasur periksa. Sumpah ini awkward banget pas aku tatap-tapan mata sama dokternya, di dalam ruangan yang isinya cuma 2 orang laki-laki, dan dalam keadaan bugil. Faaak.

Pas periksa kelamin nih ya, tititku diangkat sama si dokter, trus bijiku ditowel-towel. Dia kira bijiku gantungan konci apa nih? Udah gitu, aku langsung disuruh tengkurep buat periksa anus. Pantatku langsung dibengkek tuh kayak orang lagi belah duren. Pas dokternya bilang udah beres, aku langsung cepet-cepet pake celana. Berat emang kerja jadi dokter. :(
Kalo ada yang minta foto ilustrasinya,ini adalah foto yang tepat.
TIPS: Selama pola hidupmu gak berantakan, rutin olahraga, dan makanannya gak aneh-aneh, ya pede aja. Karena tes kesehatan ini gak ada latihan soalnya cuy, gak bakalan bisa mau jadi sehat dadakan. Makanya nih ya, dari sekarang pelan-pelan coba deh mulai terapin pola hidup sehat ala Dokter Oz. Ozzy Syahputra.



Beberapa minggu kemudian, ada pengumuman hasil tes. Alhamdulillah aku lolos dan dinyatakan diterima kerja di Asuransi X. Aku dikasih waktu seminggu sebelum berangkat ke asrama untuk ikut pendidikan. Dan yaaa, seminggu itu saat-saat yang seneng-seneng-sedih sih kalo menurutku. Sedihnya ya aku harus ninggalin rumah tempatku lahir dan besar, senengnya ya akhirnya aku bisa kerja setelah nganggur setahun.

Nganggur setahun juga gak kusesali. Ternyata selama nganggur itu aku jadi lebih deket sama keluarga. Dan aku bisa ngerasaian santainya hidup yang bisa bangun siang, makan masakan rumah sepuasnya, olahraga kapan aja, dan tiap malem bisa ngumpul main sama temen-temen.

Ada orang yang bilang kalo hidup itu perjalanan, bukan perlombaan. Jalanin aja hidupmu sendiri, kan gak lagi lomba sama yang lain. Rejeki orang juga beda-beda kok. Contohnya nih ya, dari pengalamanku ikut tes di beberapa perusahaan yang aku idam-idamkan, aku malah gak lolos-lolos. Sekalinya tes di perusahaan yang bahkan awalnya aku gak tau, eh malah lolos. Dari (kalo gak salah) 6500an peserta S1 yang ikut tes, yang diterima cuma 49. Kalo dihitung, kemungkinan lolosnya cuma 0,7538%. Kecil banget tuh peluangnya. Ibaratnya kayak Cristiano Ronaldo pindah club dari Real Madrid ke Madura United, bener-bener kecil peluangnya.

Yaudah nih ya, akhir kata, selama anda fresh graduate, silakan punya pikiran idealis. Sampai akhirnya kenyataannya gak begitu, dan anda terpaksa harus jadi realistis. SALAM OLAHRAGA!


No comments:

Post a Comment