Sunday, November 27, 2016

College Years Are Over

Akhirnya S.T. juga, Pemirsaaa!!!
Assalamualaikum Wr Wb. Selamat pagi. Mula-mula saya ucapkan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu dosen sekalian pada sidang komprehensif saya. Baik, dalam kesempatan ini saya akan mempresentasikan skripsi saya yang berjudul...

Ya. Kira-kira kayak gitu gue ngebuka sidang DO kompre gue. Sidang akhir kuliah biar lulus dan dapet gelar sarjana. Untuk sidang ini, gue udah ngelewatin berbagai macem seremnya wahana yang ada di jurusan selama 9 semester. Kalo di-flashback lagi, gue ngeri sendiri. Kadang gue juga gak nyangka akhirnya bisa survive.

Selama 4,5 tahun gue kuliah, udah buanyaaak banget pelajaran yang udah gue ambil. Inget, pelajaran gak cuma buku, teori, dan tugas melulu. Bisa belajar berteman, belajar ngambil hati dosen, belajar ngatur waktu, belajar mandiri, dan yang terpenting adalah belajar pasrah kalo dapet IP jeblok. Karena sesungguhnya, rezeki udah diatur Zeus. :))

2012 mereka bertanya, nanti elo besar itu mau jadi apa? Gue jawab kalo gue mau kuliah aja ya kan? Iya, gue mulai kuliah tahun 2012. Gue ceritain dikit aja nih ya. Dulu gue gak punya cita-cita kuliah di elektro. Malah gue pas SMA pengen jadi dokter. Tapi pas mau ujian SNMPTN, gue berpikir realistis kalo passing grade gue gak bakalan nembus jurusan pendidikan dokter. Akhirnya gue ambil jurusan di teknik aja lah. Tapi gue belom tau teknik apaan yang cocok sama gue. Dan akhirnya beberapa minggu sebelum ujian SNMPTN, gue daftar di jurusan teknik elektro. Karena elektro gak banyak gambar, dan kenyataannya gue emang gak bisa gambar. Itu alasan gue bisa nyasar kuliah di sini.

Skip. Gue keterima kuliah di Teknik Elektro UB. Kuliah semester 1 gue lewatin santai-santai aja. Oh, kuliah gini-gini aja ternyata. Sampe akhirnya masuk semester 2 dan ketemu yang namanya praktikum. Praktikum adalah penyebab gue gak tidur gara-gara ribet bikin laporan. Gue kaget. Gue gak siap. Sampai di akhir semester 2 gue pernah punya pikiran untuk pindah jurusan. Orang tua gue udah ngasih izin. Tapi ya akhirnya gue gak jadi pindah karena gue sadar kalo gue itu laki-laki. Laki-laki itu nggak boleh menyesal. Laki-laki itu harus tanggung jawab atas apa yang dia perbuat. Apa yang dia mulai, harus dia selesaikan. Itu sih ya pengertian laki-laki menurut gue. Gak tau kalo situ bencong. Cucyoook cyiiin~

Masuk semester 3. Temen gue di jurusan makin banyak. Gue banyak ngelewatin semester ini buat ketawa-ketiwi bareng temen. Sampai akhirnya, semester 3 kelar dan IP semester keluar. Pas gue cek, gue gak bisa ngomong apa-apa.


Jangan ngaku kuliahmu susah kalo belom pernah dapet IP di bawah 2.
Gue diem beberapa saat. Tau-tau ada SMS masuk. Dari Mama, isinya "Le, gimana nilai kuliahmu semester ini?". Dada gue langsung kayak ada bunyi gong. Gue gak tau mau jawab apa. Rasanya gue pengen langsung nelpon Mama gue trus nangis tanpa ngomong apa-apa.

Semester 4 gue mulai usaha naikin IP. Pokoknya harus di atas 2,5. Dan akhirnya bisa. Pas semester 5, gue masuk konsentrasi Teknik Telekomunikasi. Gue masuk konsentrasi ini tanpa alasan. Gak tau dulu kenapa bisa nyasar masuk ke sini. Hahaha. Tapi di konsentrasi ini gue dapet momentum untuk benerin IPK. Gue ngerasa kalo gue cocok sama matkul-matkulnya.

Skip ke semester 9. Gue udah deg-degan karena nambah semester. Gue gak mau tau pokoknya semester ini harus udah sidang kompre. Hmm, jadi gini. Di jurusan gue, untuk sidang kompre (atau sidang skripsi) itu harus ngelewatin dua tahap dulu. Yaitu Seminar Proposal (Sempro) dan Seminar Hasil (Semhas). Gue udah Sempro di semester 8. Pertengahan semester 9 gue Semhas. Setelah Semhas, ada jeda waktu sebulan sebelum maju kompre. Tau sendiri gue orangnya sering gak bisa kerja optimal kalo belum deket deadline. Jadi, jeda sebulan itu 3 minggunya gue pake nyantai-nyantai. Dan sisa seminggu baru gue pake buat persiapan sidang kompre.

Dapet waktu cuma seminggu untuk persiapan kompre, rasanya kayak hidup seminggu di arena Hunger Games. GAK BISA NYANTAI GAN! Gue tiap hari ke laboratorium. Gue pulang cuma makan, mandi, sama tidur doang. Sisanya di lab atau kampus. Gue ngerjain persiapan ini bareng 2 temen gue lainnya. Kami bertiga sampe dapet penyakit yang sama. Muntah-muntah. Sampe akhirnya H-1 sidang kompre, gue sakit demam gara-gara sering kehujanan. Padahal hari itu gue dan peserta-peserta kompre lainnya harus nyebar undangan sidang ke dosen-dosen. Mau gak mau gue paksain badan gue berangkat ke kampus. Sampe kampus, gue inget kalo peserta-peserta kompre besok itu temen-temen deket gue semua. Akhirnya sampe kampus malah ketawa-ketawa dan gue sembuh dari demam.


Dulu pas semester-semester kemaren, peserta sidang kompre isinya asisten-asisten lab atau anak-anak rajin. Lah ini? Bajingan semua! :))
Akhirnya sampai di hari-H. Persiapan udah gue lakuin sepol-polnya. Pagi jam 9 gue maju sidang, diinterogasi dosen-dosen penguji, dan akhirnya selesai juga jam setengah 11. Pengumuman kelulusannya dibacakan jam 3 sore. 

Gue waktu itu masih deg-degan setengah mampus. Karena gini, IPK gue sebelum maju sidang skripsi ini masih di bawah 3. Padahal gue harus dapet IPK minimal 3 biar gampang nyari kerjaan. Dan setelah gue itung-itung, ternyata IPK gue bisa tembus 3 asal nilai sidang skripsi gue minimal dapet B+. Kalo di bawah itu, wassalam. IPK gue bakalan di bawah 3.

Gue ini orangnya nekat. I'm a fighter, a risk taker. Kalo ada kesempatan, gue berani ambil meskipun itu beresiko. Padahal sebelum sidang kompre ini, gue punya dua pilihan:

1. Sidang kompre semester depan (semester 10). Gue harus ngulang beberapa mata kuliah dulu untuk naikin IPK. Pilihan ini paling aman. Karena gue bisa naikin IPK gue dulu jadi 3 sebelum maju sidang kompre. Tapi ya nambah 1 semester.

2. Sidang kompre semester ini (semester 9). Gue tetep nekat maju sidang kompre padahal IPK gue belum 3. Tapi gue masih ada kesempatan naikin IPK gue jadi 3, dengan syarat nilai sidang gue minimal B+. Ini beresiko. Kalo nilai sidang gue dapet B aja, IPK gue bakalan cuma 2,sekian. Dan itu akan tertulis di transkrip gue. Selamanya.

Ini pilihan paling anjing selama gue hidup. Gue harus berani gambling. Dan akhirnya gue tetep ambil opsi kedua yang beresiko. Get rich or die tryin'. #YOLO

Oke, balik lagi di waktu gue selesai sidang hari Jumat tanggal 25 November jam setengah 11 pagi. Gue habis selesai sidang langsung ngumpul bareng peserta-peserta lain. Sejenak gue lupa sama gambling IPK gue. Dan pas Sholat Jumat, gue bener-bener berdoa sama Allah biar diberikan yang terbaik. Waktu itu gue udah pasrah. Apapun nilai yang keluar, gue akan anggap itu yang terbaik.

Akhirnya sampai ke jam 3 sore. Kami para peserta sidang yang jumlahnya 12 orang disuruh baris. Pengumuman dibacakan sama Ketua Prodi S-1. "Saya akan bacakan hasilnya. Bagi yang lulus, saya harap segera merevisi skripsinya agar cepat yudisium."

Nyadar nggak kalo di kalimat itu ada info tersirat? "BAGI YANG LULUS". Lah cok, berarti ada yang gak lulus nih! Jantung gue langsung deg-degan. Temen-temen gue kayaknya juga sama. Dan setelah pengumumannya dibacakan, ternyata kami semua lulus. Dan nilai gue B+. Wah, itu rasanya beban yang ada di dada langsung ambles. Plong shaaay~


Dan setelah lulus ini, gue pengen ngucapin banyak makasih ke semua orang yang udah bantuin gue selama kuliah. Entah itu bantuin doa, nugas, maupun ngasih contekan kuis. Selama 4 tahun kuliah ini, gue dapet banyak temen baik yang sampai mati juga gak bakal bisa gue lupain. Dan ke depannya, gue masih belum tau mau lanjut S-2 atau langsung kerja. Ya doain aja lah ya semoga dikasih jalan yang terbaik. Amiiin.



Emangnya ada nih yang punya tampang-tampang rajin? :))

GGS - Gabut Gabut S.T.
12 trainee POM bensin
Konco Lawas emang harus telat dateng

Sebenernya masih banyak pengalaman seru yang gue alami selama kuliah. Tapi kapan-kapan aja deh gue tulis lagi di blog. See you on the tot!

3 comments:

  1. JUAL OBAT PENINGGI 2 MINGGU NAMBAH 10CM, BUKTIKAN SENDIRI...
    OBAT PELANGSING, TURUN 5 KILO SEHARI, OBAT PENGENCANG PAYUDARA, IMPOTENSI, GAGAL GINJAL, KURAS DARAH DLL. MINAT PM ME..

    ReplyDelete