Sunday, April 10, 2016

Get Fit in a Nerd Way

Akhirnya comeback lagi!

Anjing. Gue sampe lupa kalo punya blog. Udah ada berapa tahun nih gak nulis di sini lagi. Mungkin gue udah jadi orang yang beda. Beda dari labil ke dewasa kali ya? Amin. Tapi dulu sih ngeblog diniatin buat bikin diary online, biar ada kenang-kenangan pas masih muda. Eh tapi sekarang udah tua aja. :(

Ini aja nge-blog lagi gara-gara sakit. Jadinya gak banyak aktivitas yang bisa gue kerjain, cuma bisa tiduran di kasur aja. Daripada galer-galer gak jelas, yaudah ngeblog aja. Eh iya, dulu sebelum punya hobi baru, gue kalo kelar kuliah dan nganggur, ya ngeblog. Tapi sekarang, kalo emang ada waktu senggang, gue ngelakuin hobi baru gue.

Apa itu hobi barunya? Yang pertama adalah nonton film. Gak tau kenapa, gue sekarang lebih sering nonton film daripada nonton TV. Ada kali gue tiap hari nonton minimal 1 film. Tapi itu kalo lagi senggang aja sih. Dan gue kalo lagi nonton film, pasti sekalian donlot film juga. Nggak cuma donlot 1 film. Tapi 2 atau 3 film. Makanya gue gak ngerti kapan gue bisa selesai nonton semua film yang ada di laptop. Hahaha.

Hobi baru selanjutnya baru gue jalanin beberapa tahun lalu. Yaitu fitness. Dulu awal fitness sih niatnya biar nggak nganggur aja di rumah kalo pulang kuliah. Soalnya dulu waktu SMA, gue kalo pulang sekolah ya olahraga main basket. Sekarang pas kuliah, main basket udah susah. Selain gak banyak temen, lapangannya harus berebut kalo mau dapet. Yaudah, akhirnya nyoba-nyoba fitness aja buat olahraga. Dan di sini gue mau ceritain awal mula dulu gue fitness sampe sekarang masih rutin. Plus tipsnya deh.



Dulu berat badan cuma 45 kg. Udah kayak Kim Taeyeon ae.

Gue terlahir dengan genetik kurus. Kurus banget malah. Kalo tidur pake kipas angin aja suka ketiup. Padahal kakak gue gemuk. Kadang gue mikir, gue anak siapa nih. Tapi mama gue pernah bilang kalo dulu pas bayi, gue kena penyakit flek paru-paru. Mitosnya sih ya, penyakit itu bisa bikin kurus. Gue pas dikasih tau begitu, ya percaya gak percaya juga sih. Seenggaknya gue udah gak mikirin kalo jangan-jangan gue anak tetangga.

Sejak kecil, orang-orang udah manggil gue kerempeng. Bahkan sama papa gue sendiri. Hahaha. Dari TK sampe SMA, mungkin gue selalu jadi anak yang paling kecil sekelas. Dan kadang pas mama liat gue main bareng temen-temen, beliau suka sedih sendiri (sampe kadang nangis) liat gue jadi yang paling kecil. Tapi mama baru nyeritain itu pas gue udah rutin fitness dan gemuk, pas udah di bangku kuliah.

Kuliah semester 3 akhir. Gue masih inget dulu sepupu gue ngasih brosur gym. Gue baca-baca, fasilitasnya emang lengkap. Tempatnya luas, ada jacuzzi sama sauna, plus boleh ikut yoga sampe senam aerobik. Tapi gue heran kok gak ada harganya. Pas gue tanya sepupu, dia bilang sebulan cuma 50 ribu. Anjing lah murah banget. Yaudah, besoknya gue cus daftar ke gym bareng sepupu gue. Dan pas udah sampe di resepsionis, ternyata harganya 200 ribu  per bulan. Fix. Gue kena jebakan betmen. Tapi gue waktu itu tetep aja daftar.

Gue inget hari pertama gue fitnes itu dateng pake sendal. Pas udah mau pemanasan lari di treadmill, gue ditegur gak boleh sendalan. Akhirnya gue dipinjemin sepatu dari resepsionisnya. Asli itu malu banget sih. Haha.

Habis treadmill, gue gak tau lagi mau ngapain. Gue main sembarang alat di situ. Apa yang lagi kosong, gue mainin. Dan begonya lagi, gue bahkan gak tau alat yang gue mainin fungsinya buat ngelatih otot apa. Mana gue paling kerempeng sendiri tuh se-gym. Gue terus begitu selama hampir setahun fitness angin-anginan di gym itu. Karena tujuan gue ke gym dulu lebih ke jacuzzi dan sauna, bukan latihan.

Sampe akhirnya pas libur semester, gue pulang ke Bontang. Mama gue pangling liat gue gemukan meskipun dikit. Gue pun bilang kalo di Malang ikut fitness. Reaksi mama waktu itu seneng banget. Anaknya yang dari kecil gak bisa gemuk, tau-tau tambah gemuk pas pulang kampung. Wah kesempatan nih, gue langsung curhat kalo beli susu sama bayar jadi member gym itu mahal. Ya. Semenjak itu uang bulanan gue ditambahin, biar gue tambah gemuk.

Dan pas di Bontang itu, gue diajak temen gue fitness. Namanya Surya. Dia udah jadi anak fitness dari SMA. Pas fitness bareng dia, ilmu gue nambah. Dan gue sadar yang gue lakuin selama ini tuh banyak salahnya. Sejak itu gue ikutin pola latihannya dia. Ya lebih capek sih, tapi ya lebih ngefek.

Balik ke Malang, gue fitness dengan bener. Berat badan gue lebih cepet naik. Temen-temen gue di gym lama-lama tambah banyak. Dan alhamdulillah gue udah sampe ke berat badan ideal. Sampe sekarang pun gue terus rutin fitness. Bukan buat gedein badan sampe kayak The Rock, tapi buat jaga kebugaran aja dan terus sehat.
Sekarang sih udah pede gak minderan lagi. Dan udah gak ada yang manggil gue kerempeng. :))

Foto di atas itu diambil tahun 2015. Setahun lalu. Mau tau gimana badan gue yang sekarang? Yuk lah sini main ke kamar. Nanti aku tunjukkin semuanya deh. #MODUS
Hmm, ini sedikit tips fitness yang bisa gue share di sini. Cekidot!

1. Ajak Temen
Ini penting banget sih kalo pas awal-awal mulai fitness. Dulu kalo gue gak ada temennya, sebulan aja bisa gak betah kali. Temennya bebas aja. Mau yang jago fitness, atau yang sama-sama bego gak ngerti apa-apa. Terserah, yang penting ada temen ngobrol dan ada motivasi biar semangat. Karena fitness itu sebenernya gampang, semua orang juga bisa. Yang gak semua orang bisa itu rutinnya aja.

2. Dengerin Lagu-Lagu Bertempo Tinggi Pake Headset
Kayaknya gak semua orang perlu tips yang ini deh. Cuma kalo ke gue, ini ngaruh banget. Karena dulu gue pernah nyobain fitness di gym baru belakang komplek. Bangsat bener yang fitness preman, kuli, sama abang-abang tukang jualan. Otomatis lagunya dangdut. Mana dangdutnya koplo lagi. Ya sejak saat itu gue mulai pake headset tiap fitness. Dan dengerin lagu-lagu keras emang bikin tambah semangat. Asal jangan dengerin lagu backsound bokep aja ya.

3. Beli Susu yang Mahal Sekalian
Kalo udah terlanjur beli susu suplemen yang mahal, gue sih mau gak mau harus rutin fitness. Karena minum susu juga percuma kalo gak fitness, begitu juga sebaliknya. Kadang ada temen yang bilang kalo susu suplemen itu kemahalan dan gak terjangkau buat anak kuliahan. Emang bener mahal, tapi pelernya, yang bilang begini itu ngerokok sebungkus per hari. Ya coba itung-itungan simpelnya aja deh. Rokok sekarang 18 ribu. Ya anggap aja 20 ribu kalo sama korek plus parkirnya. 20 ribu x sebulan udah 600 ribu aja. Padahal duit segitu bisa dibeliin susu suplemen yang setoples gede 5 lbs (sekitar 2,5 kg). Dan susu segitu bisa dihemat minumnya sampe 2 bulan. Kuy lah berhenti ngerokok, mending duitnya dipake hidup sehat.

4. Jangan Malu Tanya Orang yang Lebih Jago
Jujur aja awal fitness dulu gue minder nanya-nanya ke orang yang lebih jago. Jadinya gue ngeliatin aja dari jauh, habis itu gue tiru gerakannya. Pernah gue dulu liatin orang lagi main alat buat ngelatih punggung. Nama gerakannya kalo gak salah lat pull down. Selesai orang itu main, gue langsung nyobain tanpa ngurangin bebannya. Alhasil gue langsung terbang terangkat karena bebannya berat banget! :))

5. Jangan Lupa Cardio
Semakin besar massa otot, biasanya kekuatan pernapasan juga makin terbatas. Makanya jangan lupa latihan cardio. Ya latihannya macem-macem. Bisa lari, sepedaan, atau senam. Yang penting bikin jantung berdebar dan ngelatih pernapasan. Takutnya kalo skip cardio dan latihan beban terus, ntar otot kuat ngangkat yang berat-berat tapi napas gak kuat. Sehat darimana kalo udah kayak gitu? Jujur dulu pas berat badan gue di bawah ideal, gue kuat sprint 1 km lebih. Sekarang pas berat badan udah ideal, sprint 1 km kadang napas gue gak kuat. Makanya mulai saat ini gue mulai rutinin cardio seminggu 3-4 kali. Mayan juga kan kalo latihan lari di treadmill sebelahan sama mamah-mamah muda. Muach.

6. Mulai Atur Pola Makan Pelan-Pelan
Dulu pas kurus, gue makan sehari cuma 2 kali. Dan waktu gue niatin gemukin badan tanpa fitness, porsi makan gue jadi sehari 3 kali dan nasinya gue tambahin. Akibatnya, gue makin gemuk. Gemuk di perut doang alias buncit. Dan pas buncit itu, gue pun mulai fitness dan beralih nyobain pola makannya Dedi Kobuser yang namanya OCD. Jadi gue gak makan selama 18 jam tiap hari. Beberapa minggu gue terapin begitu, gue jadi sixpack. Tapi jadi kurus banget ampe rusuk-rusuk keliatan.
Setelah itu gue gak mau ngikutin pola makan yang aneh-aneh. Gue sekarang kalo makan ya tetep 3 kali sehari. Tapi konsumsi nasi gue kurangin separo, lauk gue tambah (minimal 2 per porsi), dan harus konsumsi sayur, buah, dan susu tiap hari. Udah gitu aja, tanpa syarat apapun. Gue masih doyan makan goreng-gorengan. Makanya, gue mau hidup sehat tanpa diatur pola hidup sehat itu sendiri.


Rumah kedua. Seminggu bisa 4 kali ke sini. Padahal ke kampus seminggu 3 kali aja udah hebat. :))
Kayaknya itu dulu deh yang bisa gue share sekarang. Semoga aja setelah ini gue jadi rutin nulis di blog. Eh tapi nulis skripsinya kapan, Ris?! #huft
"Karena sesunggunya, cowok itu percuma sixpack tapi kerempeng. Dan cewek percuma tetek gede tapi gembrot." -Gal Gadot

Ateng bawa kayu, tengkyuuu~

4 comments: