Friday, June 27, 2014

Idoling JKT48

Itu diralat. Bukan mengetuk, tapi MENDOBRAK!



Dulu nih ya. Gue seneeeeeng banget mantengin Girlband Korea. Namanya SNSD atau Girls' Generation, sama aja. Mulai bangun tidur, pasti nyetel videonya biar mata melek. Pas mau tidur juga nyetelin video mereka sampe gue ketiduran. Pokoknya, SNSD itu udah kayak dopping buat gue deh.

Nah baru-baru ini, gue malah jadi ngefans sama JKT48. Gue kasih tau aja nih ya. Gue dulu pernah lagi nonton TV acara musik live gitu. Eh tau-tau ada tuh debutnya JKT48. Awalnya gue bingung. Ini girlband apa geng motor? Anggotanya banyak bener kayak mau tawuran. Udah deh mereka gue tontonin aja sampe selesai perform. Gak ada yang menarik sih pas itu menurut gue. Cuma lagunya aja easy listening, judulnya Heavy Rotation.  

Daaan, kejadian di hari Minggu tanggal 8 Desember 2013 bikin hidup gue berubah. Di hari itu gue mulai ngefans sama JKT48. Soalnya ya, di hari itu gue (untuk pertama kalinya) nonton konser JKT48 di Malang. Ya sejak saat itu gue perlahan mulai lupa sama SNSD. Mendadak akun-akun twitter membernya JKT48 gua follow. G+ mereka gue kepoin. Sampe akun Friendster mereka gue cariin, eh taunya nggak ada. Huft.

Nah, di postingan kali ini, gue mau cerita pengalaman gue nonton konser JKT48 di Malang sama Surabaya. Moga aja masih kuat ngetik nih. Soalnya gue udah berbulan-bulan nggak ngeblog. Gara-gara receiver sinyal wi-fi di laptop gue rusak. Sempet sih mau ngeblog pake CPU yang ada di ruang tengah. Tapi malu bray ntar banyak orang yang ngeliatin. Haha.


JKT48 x Malang


Hayooo tebak, gue di mana? Nggak ada lah, kan gue yang motoin~ #iyainajabiarcepet

Jadi nih ya, pas gue lagi kuliah, tau-tau ada beberapa temen yang ngajakin nonton JKT48. Mereka bilang harga tiketnya murah mumpung pre-sale, cuma 100 ribuan doang, udah gitu konsernya deket aja di Universitas Negeri Malang. Dan pas banget gue waktu itu ada duit lebih. Yaudah nih demi solidaritas, gue beli dah tiketnya. #ngeles

Skip deh nih langsung ke hari-H konser. Pagi-pagi, kami (gue ama temen) berangkat ke lokasi konser buat nuker tiket dulu. Asli ngantrinya panjang bener kayak uler kadut naga. Ya mau nggak mau nih. Dan pas gue perhatiin, di antrian paling depan ternyata ada temen sejurusan gue. Asli gue langsung ngakak. Antrian gue tinggal, dan langsung nyamperin temen gue. Gue titipin aja tiketnya ke temen gue, biar dia yang nukerin.

Akhirnya kelar cepet nih ya sesi tuker tiket. Dan pas kami mau pulang, eh taunya di antrian yang belakang-belakang ada banyak senior-senior gue! Pas gue tanya, ternyata mereka beli tiket yang VIP. Asli nih jelas udah stress kuliah, butuh penyegar. Hahaha.

Sorenya, gue berangkat ke lokasi konser lagi nih. Gue berangkat bareng temen-temen gue. Namanya Ari, Juli, Iman, sama Panji. Tiket kami tuh beda-beda lokasi tempat duduknya. Dan gue kebagian duduk sebelahan sama si Ari. Orangnya tinggi-besar plus rambutnya kribo. Asli ada preman nih mau nonton JKT48. Padahal penonton lain penampilannya udah kayak fans banget. Pake baju JKT48 sama bawa lightstick. Sedangkan kami, cuma pake baju bebas, celana kuliah, sama sendalan...

Konser pun dimulai. Cuma ada 16 member sih yang tampil. Tapi gue sama Ari nggak tau sama nama-nama membernya. Yang kami tau cuma Melody sama Nabilah. Udah itu aja. Jadi nih ya, tiap mereka ganti-gantian perform, para penonton pada nge-chant pake lightstick dan kami paling ribut sendiri. "EH ITU SIAPA CANTIK BENER YANG PALING UJUNG?! EH INI LAGU APAAN SIH JUDULNYA, KOK KEREN?! EH ITU NABILAH APA BUKAN TUH YANG LAGI BENERIN KABEL?!"

Dari awal mulai konser sampe mau kelar, kami aja kayaknya yang nggak kompak sama penonton-penonton lain. Dan di lagu terakhir, ada nih 1 lagu yang sebelumnya gua nggak tau. Judulnya Fortune Cookie in Love. Ini lagu enak banget kalo dibuat joget. Dan karena lagu ini dibawain JKT48 di akhir, semua penonton ikutan joget. Asli bray 1 gedung joget semua. Euphoria penonton paling kerasa di lagu yang terakhir ini. Klimaks lah pokoknya. Dan mungkin gara-gara ini gue jadi mulai ketagihan sama JKT48.

Paling depan: Melody, Nabilah, temennya, temen lainnya, dkk.
Kami paling ribut pas tau kalo ternyata mereka berdua duet.

Nontonnya dari jauh nih gara-gara tiket murah. Untung ada big screen-nya tuh.


JKT48 x Surabaya

Udah vvota banget belum nih?
Akhir Maret 2014 kemaren gue dapet kabar kalo JKT48 mau ngadain konser di Surabaya tanggal 24 Mei. Yang ada di kepala gue saat itu: "Ajak temen di Surabaya nih biar bisa ditebengin nginep, makan, sama boncengan.". Jadi, gue ngajak Fathon sama Fahri (temen gue asal Bontang yang kuliah di Surabaya) buat nonton konser. Eh untung aja mereka mau. Dan karena mereka orang-orang yang suka nipu, akhirnya gue yang beliin tiket konsernya. Ya, gue beli tiketnya di ticket booth cabang Malang.

Nah, udah masuk bulan Mei nih. Tiba-tiba ada kabar dari promotor kalo konsernya diundur jadi 21 Juni, dan sebagai gantinya yang nampil bakalan all members. Gue sama Fathon sih nggak masalah. Tapi Fahri nih yang jadi masalah. Karena dia udah pulang ke Bontang tanggal 18 Juni. Akhirnya, dia jual rugi tiketnya ke temen kami juga, namanya Dedy. Eh taunya dijual lagi sama Dedy ke orang lain. Dan akhirnya Dedy dapet untung 100 ribu. Ini Dedy yang jago apa Fahri yang bego coba? Hahaha.

Skip skip skip. Akhirnya gue berangkat ke Surabaya sehari sebelum konser. Paginya pas hari-H, gue, Fathon, sama Dedy berangkat nih ke lokasi konser di Grand City. Pas nyampe, kami langsung nyari booth buat nuker tiketnya. Eh taunya di sebelah booth penukaran tiket, ada booth penjualan merchandise JKT48. Jadi gue suruh Dedy yang nukerin tiket, Gue dan Fathon malah ngantri di booth merchandise. Gue ngantri kayak orang goblok. Karena apa? Karena antriannya gak maju-maju. Ya gara-gara orang di depan yang mau beli pada bingung mau beli apaan, nyocokin size baju, sama nanya-nanya mulu dan nggak jadi beli.

"Mas, gelas 1 biji berapa?" | "Sejuta aja, Mbak." | "Lah, kok mahal bener sih, Mas?!" | "Soalnya itu bekas dipake Melody minum joshua, Mbak."
Karena gue sama Fathon udah jengkel, ya nggak jadi ngantri deh. Tau-tau si Dedy dateng bawain tiket kami. Yang bikin kaget, si Dedy dapetnya 4 tiket! Padahal harusnya 3 tiket doang! Ya tetep sih yang gue ambil 2 tiket. 1 buat gue, 1 buat Fathon. 2 sisanya dibawa Dedy, mungkin dimasukin ke kotak amal. Baru aja gue nerima tiket, tau-tau ada suara gede banget dari toa "...Faris Yudha Krisnanda! Prodi S1, Teknik Elektrooo~". Anjing. Gue kenapa dipanggil? Jangan-jangan kegep nih gara-gara dapet tiket lebih. Eh taunya KTM gue ketinggalan di booth penukaran tiket, trus diumumin deh pake toa. 
*FYI, penukaran tiket musti pake kartu identitas. Karena dulu gue beli tiketnya atas nama gue, jadi tadinya KTM gue dibawa Dedy buat nukerin tiket.

4 tiket cukup.
Tiket udah di tangan. Dedy stay di lokasi buat ketemuan sama pembeli tiketnya. Gue sama Fathon pulang duluan buat tidur siang. Jam setengah 2 siang kami nyampe rumah. Rencana sih kami berangkat ke Grand City lagi jam 3 siang. Dateng lebih awal gitu biar ntar bisa nyantai-nyantai dulu cari makan sama cari-cari merchandise. Udah, kami pun tidur (NGGAK TIDUR SEKASUR BARENG LHO YA). Pas bangun-bangun, si Fathon manggil-manggil gue. Dia bilang sekarang udah jam 4 sore. FAAAK! Mana gue belum mandi sama siap-siap nih. Ya kami pun langsung buru-buru berangkat liwat jalan tikus. Kami nyampe di Grand City menjelang jam 5an. Untuuung aja belum open gate. Ya kami nyantai-nyantai dulu muter-muter mall sama cari cemilan. Akhirnya kami ke booth merchandise JKT48. Barang-barangnya udah banyak yang ludes kejual. Cuma sisa kaos size S yang kalo gue pake, pentil gue nyeplak karena kekecilan. Tapi akhirnya tetep gue beli nih buat adek gue di Bontang.

Sayang sama adek. Tapi nggak disayang adek. #huft
Nggak berapa lama, tau-tau udah open gate. Semua penonton mulai ngantri. Asli rame bener antriannya. 1 parkiran penuh sama orang baris semua. Gue sama Fathon yang udah mau masuk antrian, mendadak punya ide. Jadi gini, penonton itu ngantri buat masuk pintu utama. Padahal ya, pintu samping itu terbuka lebar dan nggak ada yang ngantri di situ. Ya kami masuk liwat pintu samping aja dong. Tapi perjuangan belum selesai nih. Habis dari pintu samping, kami harus join sama barisan depan yang bakal masuk gate konser. Awalnya kami takut-takut juga mau join, soalnya ada polisi yang ikutan jaga. Dan jackass-nya, si Fathon langsung join barisan aja tanpa mikir. Eh taunya bisa. Polisinya cuma senyam-senyum aja. Gue yang masih rada takut, sok-sok jalan ngedeketin barisan sambil nunduk-nunduk liat HP. Eh taunya polisinya senyam-senyum juga. Haha. Ya emang gini bray yang namanya hidup. Kalo katanya Kasino, "Ini bukannya kejam, Ndro. Tapi buat hidup di jaman sekarang ini, kita musti lihai~".

Nonton konser metal kok bawa lighstick? Lah itu lightstick kan biar serem aja kek kang parkir indomaret.
Daripada ngantri kayak begini hayoo? :))
Nah, pas kami udah selamat bisa join ke barisan depan, tau-tau ada orang teriak "MAS, ADA YANG NYEROBOT IKU MAS!". Datanglah mas-mas badan gede berambut gondrong kayak Triple H. Gue udah keder tuh, jantung dag-dig-dug bray! Eh taunya mas-mas itu nyamperin bapak-bapak sama istrinya yang mau motong jalan buat masuk mall, bukan gara-gara nyerobot antrian. Gue pun langsung baca hamdalah karena nggak jadi kegep. Alhamdulillah~

Setelah tiket dicek dan segala macem, akhirnya kami bisa masuk. Gue duduk sebelahan sama Fathon. Tapi konser belum mulai, jadi kami ngobrol-ngobrol dulu deh. Dan pas Fathon gue tanya "Eh, kunci motormu ada di kantongmu kan?", mendadak dia panik gara-gara teringat kuncinya masih nyantol di motor yang ada di parkiran basement. Asli. Udah close gate dan konser beberapa menit lagi dimulai tuh padahal. Ya mau nggak mau si Fathon ngibrit ke basement buat ngambil kuncinya. Dan gue stay aja di tempat. Tau-tau panggung gelap dan pas lampu dinyalain, ada Melody sama 70 member lainnya bawain lagu opening Musim Panas Sounds Good! Gue langsung nyalain lightstick sambil ikut-ikutan ngechant. Padahal gue nggak tau chantnya itu neriakin kata apa aja. "Faya! Tayga! Sayba! Daiba! Dada! Janda! Oi oi oiii!" atau apalah itu gue nggak hapal. Haha.

Fathon pun datang setelah lagu opening. Dia jengkel ketinggalan 1 lagu. Emosinya disalurkan ke lightstick sambil teriak-teriak ngechant di lagu-lagu selanjutnya. Nah, di depan gue ini ada bocah yang kuaaat banget kalo ngechant. Goyang-goyangin lightstick sama teriak-teriak dari awal sampe akhir semua lagu. Padahal lho ya, goyangin lightstick itu bikin tangan kemeng bray. Mana tuh bocah masih kecil banget lagi. Kayak Coboy Junior pas awal debut!

Tuh anaknya yang pake baju kuning. #RESPECT
Setelah lagu-lagu opening yang gue hapal, konser dilanjutin pake lagu-lagu sub-unit. Ya lagu-lagu yang bukan hits, biasanya cuma ditampilin di theater mereka doang. Gue nggak terlalu hapal sama beberapa lagu sub-unit. Jadi gue diem-diem aja nggak ikutan ngechant, cuma nikmatin pertunjukan.

Lagu-lagu sub-unit kelar, saatnya ENCORE! Di encore ini, jelas lagu-lagu hits yang bakal mereka bawain. Sampai akhirnya lagu favorit gue, Fortune Cookie in Love dibawain. Dan sayaaang banget nih penonton nggak ikutan bediri sambil joget-joget. Cuma duduk di tempat sambil ngechant-ngechant doang. Nggak tau deh kenapa. Mungkin gara-gara lagu ini bukan lagu yang mereka bawain paling akhir. Di akhir, mereka bawain Heavy Rotation full team 71 member! Keren sih, cuma ya kurang klimaks kalo menurut gua dibandingin pas konser di Malang. Nggak bisa joget bareng. Tapi tetep, kami pulang sambil senyam-senyum sendiri. Hehehe~ *ketawa mesum*

Nih, gue kasih beberapa foto yang gue ambil langsung sama dapet dari twitter:

Wah mana nih nggak mulai-mulai..
Kebayang kan panggungnya sepenuh apa kalo 71 member tampil sekaligus?
Surabaya menang banyak nih.
Ntap nih mz.
Pas mau kelar nih. Gue lari ke depan dan jadi copet. #lah
Ya udah sih. Jadi gitu. Overal konser ini gue kasih nilai 8/10 deh. Kalo diadakan lagi, tolong dijadiin 10/10 ya bang promotor. Haha. Kami pun pulang ke rumah dan langsung tidur. Karena besok pagi-pagi jam 6 gue udah dijemput travel buat pulang ke Malang. Akhirnya gue pulang dan pas di perjalanan, gue nyadar kalo STNK motor si Fathon ada di kantong celana gue. Apes beneeer ya tuh anak. Udah kunci motornya ketinggalan pas konser dimulai, eh ini sekarang STNK-nya kebawa gue. Hmm, ini pasti karma gara-gara nyerobot antrian nih~

No comments:

Post a Comment