Monday, December 2, 2013

Pendidikan Kader Dasar 3 HMB Malang

PKD HMB Malang 2013

Tanggal 19-20 Oktober kemaren, HMB (Himpunan Mahasiswa Bontang) cabang Malang ngadain acara PKD yang ke-3. PKD itu singkatan dari "Pendidikan Kader Dasar". Wuih, dari namanya kayaknya serem tuh ya mirip-mirip acara ospek gitu. Tapi tenang aja. Acara ini cuma kayak acara kumpul-kumpul buat have fun gitu kok. Panitianya mahasiswa asal Bontang, dan pesertanya mahasiswa Bontang yang baru kuliah di Malang. Ya ujung-ujungnya jadi acara buat keakraban sekalian menyambut mahasiswa-mahasiswa baru asal Bontang. Acara PKD ini diadakan di Villa Hollanda, Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia, Asia Tenggara, Asia, Bumi, Galaksi Bimasakti, dst gitu deh~ #krik


Pas dulu akhir-akhir Agustus, gue ditelpon sama Rudi (temen kuliah seangkatan gue, asal Bontang juga). Tiba-tiba dia ngomong "Eh, kamu nanti jadi panitia buat PKD ke-3 ya?! Bantu-bantu aku, cuk! Aku kaget nah pas maen ke asrama HMB tau-tau disuruh jadi ketua pelaksananya! Kamu kutunjuk jadi panitia divisi PDD!". Gue yang lagi tiduran sambil galer-galer ya kaget juga. Gue aja nggak tau tugasnya PDD itu ngapain. Jadi gue tanya nih si Rudi, "Lah? Emang tugasnya PDD apaan?". Dan dia jawab, "Gampang itu PDD. Tinggal nyiap-nyiapin laptop sama nyolokin kabel VGA ke proyektor pas acara-acara gitu." Hmm, gue okein aja deh nih tawarannya si Rudi. Panitia yang kerjaannya gitu doang sih jelas lebih nyantai daripada tukang parkir warung.

Di minggu berikutnya, diadakanlah rapat buat persiapan PKD. Ternyata, panitia yang dateng rapat ada banyak juga. Total panitia sih sekitar 16 orang. Dan yang dibahas di rapat pertama itu kesiapan masing-masing panitia di divisinya. Panitia yang lain ada macem-macem tuh jabatannya. Ada yang jadi Penanggung Jawab, Bendahara, Sekretaris, Humas, Konsumsi, Perlengkapan, Acara, dan gue sendiri PDD. Oiya, panitia yang menjabat jadi PDD ini ada 2 orang, gue sama Mete. Diliat dari namanya, divisi-divisi yang lain itu kayaknya keliatan udah lumayan jelas gitu tugasnya. Ya paling nggak udah kebayang lah ntar apa aja yang dikerjain. Sedangkan PDD, itu singkatan dari apa aja gue nggak tau, gimana mau ngejalanin tugasnya..

Pas rapat itu, gue ditanya PDD itu singkatan dari apa? Gue nggak bisa jawab. Pokoknya gue jawab aja, "Yaa ntar pokoknya tugasnya tinggal ngurus-ngurus laptop pas ntar ada acara pemateri.". Dan panitia-panitia yang lain pada ngakak. Karena.. ya mana ada divisi yang kerjanya cuma begitu. Akhirnya gue dijelasin. PDD itu singkatan dari "Publikasi Dekorasi Dokumentasi". Kerjanya macem-macem. Mulai dari ngedesain, nyetak spanduk, ngerekam dan foto-foto, sampai bikin dokumentasi dari awal sampai akhir acara.

Gue mendadak ngakak. Setan bener deh ini si Rudi. Awalnya bilang, "Gampang itu PDD. Tinggal nyiap-nyiapin laptop sama nyolokin kabel VGA ke proyektor pas acara-acara gitu.", eh taunya tugasnya ada banyak. Tapi yaudahlah. Tugas panitia-panitia yang lain juga nggak kalah banyak kok. Dijalanin pelan-pelan juga beres ntar.

Di minggu-minggu selanjutnya, kami rutin ngadain rapat. Banyak banget kendala sama masalah yang udah kita dapet selama pra-acara. Dari internal sampai eksternal. Dan makin mendekati hari-H, masalah yang timbul juga makin keliatan. Untung aja kami bisa nge-handle semua masalah itu bareng-bareng. Yah namanya juga mau bikin acara, kalo nggak ada masalahnya ya nggak seru dong. Hahaha~

Rapat H-1 bikin ketar-ketir
Preman ngitung setoran
Yak, di-skip aja nih langsung ke hari-H. Pagi-pagi itu tanggal 19 Oktober, kami (panitia) udah ngumpul tuh di kontrakannya Rudi. Ya nyiap-nyiapin segala macem, mulai dari barang sampai perlengkapannya. Semua diangkut jadi satu di Alphard biru.
Alphard biru
Jadi, beberapa panitia berangkat duluan ke lokasi acara buat nyusun-nyusun barang. Lokasinya itu ada di Villa Hollanda, Batu. Ya kalo macet sih bisa nyampe 2 jam perjalanan. Di sini, gue ditunjuk jadi panitia yang nggak stay di villa. Tapi gue stay di asrama HMB. Soalnya, ntar jam 10 pagi para peserta PKD bakalan ngumpul di asrama dan rencananya diberangkatin ke villa jam 12 siang. Nah, tugas gue di sini macem-macem. Mulai dari jaga di gerbang depan komplek buat ngarahin maba ke asrama, fotoin suasana asrama pas maba lagi pada ngumpul, sampai akhirnya ikut nganterin maba ke lokasi acara di Batu. Nganterinnya naik apa? Nih...
Hummer putih
Jangan dibayangin deh gimana rasanya perjalanan Malang-Batu jam 12 siang di atas truk. Tapi ya gue sama anak-anak yang lain pada ngakak-ngakak aja tuh selama perjalanan. Mungkin karena muka gue lucu.

Terus nih pas nyampe di Villa, peserta pada dibagi-bagiin kamar nih buat tidur. Kamarnya mayan luas lho. 5-69 orang bisa muat asal OCD dulu setahun. Ya gitulah.

Eits, ini baru pintu masuknya lho..

Panitia sama peserta sih nyantai-nyantai dulu sebelum acara-acara dimulai. Dan gue yang kegerahan gara-gara habis naik Hummer, akhirnya mutusin buat mandi. Dan shit meeeen, kamar mandi pada penuh dipake panitia. Terpaksa gue ke lantai bawah yang gak dihuni dan mandi. Pas gue baru aja buka baju, tiba-tiba ada yang gedor-gedor pintu kamar mandi di sini. Dalem hati sih gue bilang, "Aaah, paling anak-anak. Ngantri dulu keles kalo mau mandi.". Eh taunya malah digedor makin kenceng. Gue pun bukain pintu sambil sambil melotot mau ngambek. Pas setengah badan gue keluar dari pintu, gue kaget setengah mokad. Taunya yang gedor-gedor tadi itu bule! Nenek-nenek lagi! Faaak! Gue kira gue lagi ketemu setan noni Belanda! Eh tapi akhirnya dia kaget juga trus ngomong, "Is this the toilet?!" dan gue jawab aja "YES! YOU CAN TAKE IT ANYWAY!" sambil ngambek-ngambek. Gue pun ngibrit keluar kamar mandi dengan keadaan telanjang dada. Emangnya eyke cowok apaan?! Huft!

Sorry, Mam. I didn't mean to make you shocked. :(
Pas nyampe lantai atas, gue ketemu Rudi dan cerita ke dia. Eh dia malah ngakak. Rudi bilang kalo ternyata kita (HMB Malang) emang sewa villa-nya patungan sama bule. Jadi, HMB dapet lantai 2, dan bule-bule dapet lantai 1.
Hmm, gue langsung mikir jorok. Biasanya kalo di bokep-bokep western kan syutingnya di rumah-rumah gede gitu kayak villa. Wah, jangan-jangan lantai 1 dipake syuting bokep nih..
Dan imajinasi gue buyar seketika gara-gara teringet kalo bulenya udah nenek-nenek.. :'(

Ya gitu deh seterusnya. Acara jalan, panitia kerja, peserta seneng-seneng. Sampai akhirnya kami para panitia ngasih acara malam puncak buat para peserta. KITA PARTY! Wuih, pestanya outdoor gitu di halaman belakang. Ada api unggun, makanan-minuman, dan semua joged karena ada DJ-nya. Siapa lagi kalo bukan Oji si anak camat?! Malem itu pokoknya dia mainin musik nge-beat pake alat DJ plat merah.

nge-DJ pake talenan.
Habis party, bayar ya dek..
Musiknya nggak mulai-mulai.
Orang gila ngumpul malem-malem. 
Jadi model nggak kesampean.
Boyband SKJ
Mijetin tusuk sate.
Mancing mania, maknyus!
Eh ada Paul Walker.
Banyak lilin kayak mau ngepet.
#np Kangen Band - Doy
Berteduh di bawah tali jemuran.
Ciwik-ciwik lagi diet.
Preman Batu dateng ngerusuh.

Habis party-party gitu sampe mblenger kayak Hangover, panitia ngasih game lagi nih buat peserta. Yoi. Malem-malem di villa daerah tinggi pegunungan, kita maen kembang api! Jadi peserta ntar bawa lilin gitu buat nyalain kembang apinya. Udah kayak tahun baruan gitu deh pokoknya!

Awas rambut kebakar.
Pesen bakso 2 mangkok!
Senyam-senyum kayak tahun baru.
Jaga lilin.
Figuran di video klip "Firework"-nya Katy Perry.
Weits. Banyak juga lho kembang api yang gede.
Udah seneng-seneng nih ya, panitia PDD plus Oji disuruh bikin video dokumentasi kegiatan hari ini. Malem ini harus selesai. Soalnya besok paginya mesti ditayangin buat acara. Oiya, kenapa Oji ikutan bikin videonya? Kenapa itu bukan tugasnya PDD aja? Jawabannya simple. Ya karena emang dia mau aja disuruh-suruh. Dan akhirnya gue sama Mete selaku panitia PDD, nyerahin semuanya ke dia buat nyelesaiin videonya dalam 1 malam. Gue liatin aja si Oji ngeditin videonya satu-satu sampe ngantuk. Dan akhirnya gue ketiduran.

Gue kebangun, tau-tau udah jam setengah 5 pagi. Pas gue mau ngeliat progress video dokumentasinya udah sampe mana, gue malah ngeliat si Oji tidur di depan laptopnya! Wanjrit, ternyata dia juga ketiduran! Dan progress videonya baru dikerjain dikit aja! Ya akhirnya mau nggak mau si Oji gue paksa ngedit sembarang aja yang penting jadi. Tapi ya Alhamdulillah videonya kelar daaan kelarnya juga pas-pasan banget pas acaranya mau dimulai~

Akhirnya kita udah sampe di penghujung acara nih. Peserta-peserta pada pamit pulang, dan panitia masih harus beres-beres di villa. Gue lagi-lagi kebagian jadi panitia yang ikut naik Hummer bareng peserta. Tapi yaudahlah. Kapan lagi bro bisa naik truk sambil modus-modusin adek kelaaas?! Hahaha~





Oh iya, kami selaku panitia sih ya seneng banget bisa ngejalanin acaranya yang akhirnya bisa dibilang sukses. Kami juga seneng gara-gara peserta yang ikutan ada banyak. Dan gue bisa banyak belajar dari acara ini. Selain gue dapet pengalaman setelah ikut partisipasi di acara ini, TENTUNYA GUE DAPET MODUSAN BARU DOOOONG! Nggak-nggak ah, gua cuma dapet hikmahnya~ :p




No comments:

Post a Comment