Saturday, May 18, 2013

#TourdePace2013 in Jogja

Pertengahan Mei kemarin kan ada libur di hari Kamis tuh ya. Mungkin banyak orang yang bilang "Kentang banget deh liburnya hari Kamis. Coba hari Jumat sekalian aja biar liburnya nyambung ke Sabtu-Minggu, jadi long weekend deh tuh!". Tapi ya, gue nggak peduli. Libur gue tetep 4 hari, Kamis-Minggu. Hari Jumat? Gue nggak ada kuliah~ Karena hari Jumat tuh hari istimewa. Harus fokus buat Sholat Jumat. Jadi, aku biasanya dzikir sama ngaji-ngaji dulu sejak pagi. O:)

Sebelum cerita dimulai, gue kenalin nih anak-anak yang join #TourdePace2013 di Jogja. Cek dah yuk:

Mete. Kuliahnya ngikut-ngikut gue di FTE UB.
KAKEK! (N)
Oji. Anak camat sekaligus anak dugem.
Fahri. Anak ngaji-ngaji Betawi yang jadi preman Surabaya.
Rapli. Cowok kekar yang terjebak di tubuh yang salah.
Ridok. Punya cita-cita jadi simpenan tante-tante di Semarang.

Nah ini gue...

Jadi pas long weekend itu, kami (gue, Mete, Kakek, sama Oji) sebagai anak Malang yang bernasib malang rencanain mau liburan singkat ke Jogja. Pertamanya kami semua bingung ke Jogjanya naik apa. Sampai akhirnya kami semua sepakat berangkat ke Jogja pake jasa JNE..

Nggak ding. Akhirnya gue, Mete, sama Kakek ke Jogja naik travel. Sedangkan si Oji yang lagi ada perlu ke Surabaya, nyusul ke Jogja naik pesawat. Pas nyampe di Jogja, kami semua numpang nginep selama hampir 3 bulan hari di kontrakannya salah satu temen kami (Kabay) yang disebut BARAK 69. Rumah ini disebut BARAK karena katanya sih jadi tempat ngungsinya anak-anak kalo lagi galau, stress kuliah, atau cuma sekedar buat numpang boker. Sedangkan angka 69 pada BARAK 69 itu sendiri punya arti yang sangat sakral. Disebut 69 karena... *sorry. kalo gue jelasin, blog gue bakalan jadi blog bokep.*

DAY 1

Yaudah sih. Kami pas itu sampai di BARAK 69 sekitar menjelang jam 7 pagi. Pas nyampe di sini, ternyata Kabay baru bangun. Gue pun nanya dia kuliah apa enggak, dia ngejawab kuliah jam 7 pagi. Keren! Kuliah jam 7 dan baru bangun jam 7! Itu juga dia nggak langsung buru-buru ke kampus. Masih nyantai-nyantai dulu ngeliatin kegantengan gue yang masih jetlag antara Malang-Jogja.

Di Jogja sini, ternyata udah ada temen-temen kami dari kota lain. Ada si Ridok (mahasiswa dari Semarang) sama Fahri (pascasarjana dari Surabaya) yang juga lagi liburan. Ada juga dosen senior dari Nusa Tenggara Timur yang lagi iseng ke Jogja, namanya Rapli. Kami bertujuh (aku, Mete, Kakek, Oji, Ridok, Fahri, dan Rapli) ngerencanain buat jalan-jalan keliling Jogja sehabis Jumatan nanti. Karena kami nggak mau liburan yang susah kayak Jejak Si Gundul, akhirnya kami semua iuran nyewa mobil buat jadi kendaraan selama di Jogja.

Nah, pas mau Jumatan kan gue mandi di BARAK 69 tuh ya. Mulai dari sikat gigi sampai cuci muka, gue ngerasa anteng-anteng aja. Sampai akhirnya pas sabunan, gue ngerasa kayak ada hawa-hawa orang cabul. Eh beneran aja.. Ternyata ada salah seorang temen gue *nama tidak disebut demi menjaga kehormatan* lagi ngeliatin gue dari jendela WC sambil senyam-senyum! Buangsaaat..

Habis mandi itu, gue ke kamarnya Kabay buat ngaca sambil sisiran. Parfum yang ada di meja pun gue pake dan semprotin ke badan. Tapi... Gue ngerasa kayaknya gue kenal sama bau parfum ini.. Dari warnanya yang putih dan teksturnya yang kentel, gue makin kenal sama parfum ini. Setelah gue liat mereknya, ternyata... yang gue pake bukan parfum! Tapi Kit buat semprotan ke motor! Mana udah gue semprotin sampe ke ketek-ketek gue lagi! Gue speechless. Bingung mau ngakak apa emosi.
Untung aja nggak gue pakai buat pengharum mulut.
Kami pun berangkat jalan-jalan keliling Jogja sehabis Jumatan. Tentu aja naik mobil carteran kami. Ternyata, Jogja kalo siang itu panas banget kayak di kutub utara. AC yang ada di mobil aja nggak mempan buat ngusir panas. Gue pun berdzikir biar adem. Tapi yang adem malah hati gue, fisik gue enggak. Yaudah, akhirnya kami semua lepas baju. Jadi, kami semua keliling Jogja sambil telanjang dada. Dan kerennya lagi, kaca mobilnya tembus pandang, sehingga bisa diliat sama orang-orang dari luar. Serasa kayak ikan di dalem akuarium aja nih..
Ikan-ikanan berpose.
Sorenya, kami ke Pantai Parangtritis. Perjalanan ke sana mayan jauh sih. Udah gitu, rada-rada macet. Kami pas nyampe di sana udah jam 5 sore. Langitnya udah mulai gelap. Mayan deh nih jelang-jelang sunset. Jarang-jarang kan bisa liat sunset di pantai. Tapi kami dateng ke sini nggak cuma mau liat sunsetnya doang. Tapi naik ATV! Iya, di sini ada penyewaan ATV gitu. Kami semua pun udah ngincar ATV-ATV yang udah mau kami sewa. Sampai akhirnya ada yang nyeletuk, "Eh, ntar kalo naik ATV semua, siapa dong yang ngerekam sama foto-fotoin kita?". Kemudian hening. Sampai akhirnya, gue sebagai cowok yang berjiwa besar pun ngejawab, "Yaudah deh. Aku aja sini yang pegang kamera.". Anak-anak pun salut sama gue. Mereka main ATV dan gue ngikutin sambil ngerekam. Rela berkorban banget kan gue nih. Hmm, padahal ya... gue mau jadi pemegang kamera tuh bukan karena gue mau ngalah atau apa. Tapi... gue nggak bisa nyetir kendaraan berkopling.. Mau bilang gitu ke anak-anak juga ntar takutnya ngerusak pencitraan nih gara-gara pas itu mereka udah terlanjur respect sama gue. :))
Untung ada laki sejati yang rela berkorban buat motoin mereka.
Lanjut deh nih. Habis puas di Pantai Parangtritis, kami balik lagi ke Jogja. Kami pergi ke Alun-alun Jogja. Di sini, ada banyak penyewaan sepeda gandeng yang dipasangi lampu warna-warni. Daripada bengong aja di sini, akhirnya kami nyewa salah satu sepeda gandeng. Kami naik sepeda ini bareng-bareng tuh bertujuh. Meskipun yang naik 7 orang, tapi pedal buat ngayuhnya cuma ada 4 doang. Terpilihlah 4 orang sial yang ditugaskan untuk ngayuh. Dan gue adalah salah satunya... Ratusan putaran udah kami lewati bareng, dan gue yang ngayuh. Betis gue jadi kekar kayak betisnya Agung Hercules. Udah capek muterin alun-alun pake sepeda gandeng, eeeh kami malah disuruh bayar! Huft banget deh nih. Kami capek dan kami bayar. Harusnya tukang sewa sepedanya nih yang bayar kami!
SMASH (Seven Men As Seven Homos)

DAY 2

Udah malem banget kan nih. Akhirnya kami pulang ke BARAK 69 buat melepas sange lelah. Dan besok paginya, kami pergi jalan-jalan ke Magelang mau ngeliat Candi Borobudur. Selama perjalanan, kami tuh  terus ngerekam video pake tabletnya Oji. Pokoknya jauh deh perjalanan ke sana. Sampe-sampe tabletnya kehabisan memory gara-gara terus ngerekam perjalanan dari Jogja ke Magelang. Setelah kena panas, gerah, dan berdosa karena ngeliat gambar-gambar jorok di bumper belakang truk, akhirnya kami nyampe di Borobudur. Daaan... pas sampe di depan gerbangnya malah nggak jadi masuk karena harus bayar dulu 30 ribu. Kami pada nggak mau gara-gara harganya mahal. Padahal sih, pas itu dompet kami lagi pada tebel. Cuma nggak tau kenapa deh kami alergi sama yang mahal-mahal.
Seni pada bumper belakang truk.
Daripada bayar mahal, akhirnya kami ke Kali Elo buat rafting alias arung jeram yang tentunya harganya lebih... mahal. Karena dalam satu perahu cuma boleh ada 6 orang, jadi akhirnya si Rapli ngalah. Dia nggak ikutan rafting. Tapi katanya nggak papa, soalnya dia dulu udah pernah nyobain. Setelah nungguin persiapannya selama beberapa menit, akhirnya mobil buat nganter kami ke sungainya pun dateng. FYI, jarak dari tempat daftar rafting ke sungainya tuh mayan jauh. Jadi harus diangkut naik mobil gitu. Yuk ah capcus ciyyyn~
Siap syuting film bokep.
Nyampe di sungai, kami langsung berangkat. Awalnya cuacanya cerah. Tapi pas kami mulai ngedayung, nggak tau kenapa tiba-tiba hujan deres banget. Kami awalnya ngakak-ngakak aja sampai akhirnya arus di sungai makin lama makin deres. Gue sempet ngeliat muka om-om guide yang nemenin kami rafting, mukanya berubah jadi panik. Tapi untung aja arusnya nggak deres-deres banget. Pas perjalanan rafting, kami dari jauh ngeliat ada kakek-kakek bugil di pinggir sungai. Terus dia masuk ke sungai dan nyelupin pantatnya ke air dengan posisi jongkok. Mukanya yang awalnya biasa aja, mendadak berubah jadi luar biasa. Dia ngeden! Udah, habis ngeden langsung pergi menjauh dari sungai. Asli. Jadi, urutannya gini... lepas celana - nyelupin pantat ke sungai - ngeden - JEBRET! - ngacir. Si Mete yang dari jauh udah ngetawain kakek-kakek itu, malah jatuh dari perahu dan kejebur tepat di lokasi bekas bokernya si kakek-kakek. Mana katanya dia sempet nggak sengaja minum air sungainya tuh.

Ternyata kemistisan sungai ini belum usai. Kami nemuin mas-mas lagi mandi di pinggir sungai. Dan dia cuma sempakan doang. Iya, sempak yang bentuknya segitiga itu. Mas-mas itu awalnya sih keramas. Dan... nggak tau kenapa tiba-tiba busa yang ada di kepalanya dipake buat nyuci muka sama digosok-gosokin ke sekujur tubuhnya. Bener-bener deh. Shampoo, sabun muka, sama sabun badannya dipake jadi satu. Untung aja tuh mas-masnya nggak sekalian sikat gigi pake busanya tadi.

Nah, pas udah sampe finish, kami liat si Rapli lagi galau di pojokan sambil main tabletnya Oji. Kami teriak dari jauh, "WOY! FOTOIN KITA WOY! MUMPUNG MASIH DI SUNGAI NIH NAIK PERAHU!". Dan pas si Rapli mau motoin, tiba-tiba tabletnya hang. Ini gara-gara memory-nya penuh dipake ngerekam video selama perjalanan. Mubazir banget sumpah, rafting capek-capek tapi gak ada fotonya. Brengseknya, tabletnya nggak nge-hang lagi pas kami udah turun dari perahu. Nasib... nasib. Nggak ada angin nggak ada hujan, si Ridok tiba-tiba langsung lari setelah turun dari perahu. Kirain dia habis maling daleman.. Eh ternyata dia lari ke WC, mau pipis. Dan pas nyampe WC, ternyata di klosetnya ada tai manusia yang belum disiram. WC yang lain juga masih dipake, jadi itu WC satu-satunya. Si Ridok nggak punya pilihan. Mau nggak mau, dia nyiram tai manusia itu, lalu pipis. Hina banget kayaknya nyiram tai orang lain yang bahkan nggak dikenali.

Badan kami kan basah kuyup tuh ya habis rafting. Di sini kami baru nyadar kalo kami nggak ada yang bawa sempak ganti. Jadi mau nggak mau, kami semua pake celana tanpa sempak. Kasian juga ada beberapa yang pake celana skinny jeans. Gue ngebayanginnya aja udah risih, apalagi kalo beneran. Nggak terasa, jam udah di angka 6 maghrib. Kami balik ke Jogja lagi. Nah selama perjalan ini, tiba-tiba ada anak yang cerita jorok. Mana ceritanya jago banget sampe kayak real. Sebagai laki sejati, birahi kami terpacu. Beberapa dari kami pun tititnya ngaceng. Dan... kami pada lagi nggak pake sempak. Jadi nih ya, titit kami tabrak-tabrakan sama resleting celana. Lecet, Jendraaal! Sampe-sampe ada yang teriak, "SUDAH WOY, JANGAN CERITA LAGI! AMPUN! AMPUN!".

DAY 3

Ini hari Minggu pagi. Waktunya pulang. Kami semua yang udah nginap di BARAK 69, izin pamit ke Kabay minta do'a restu agar selamat sampai Dolly tujuan. Hari ketiga ini bener-bener udah nggak ada jalan-jalan lagi. Liburan udah kelar. Semua masih punya tanggung jawab kuliah di kota masing-masing.
Bersiap masuk travel Limousine

Mayan kan nih liburan singkat di Jogja. Jogja keren banget dah banyak kimcilnya tempat wisatanya. Nggak kapok ah kalo kapan-kapan main ke Jogja lagi. Cuma yang masih bikin gue penasaran sama Jogja, apa bener sih 98% mahasiswinya udah nggak perawan semua? Hmm, lain kali harus survey nih ke Sarkem..

Ngomong-ngomong nih ya, cerita di atas ini ada beberapa bagian yang gak gue ceritakan dan ada juga yang gue tambah-tambahin. Sengaja dong gue tambah-tambahin biar sampe tumpeh-tumpeh kayak Jupe. Tapi tetep, inti cerita yang gue tulis di sini itu real. Udah deh ah. Liburan udah habis. Bentar lagi UAS. Ya moga aja lah cepet UAS biar cepet liburan lagi. Semoga #TourdePace selanjutnya bakalan jadi di Bali!