Saturday, September 8, 2012

College Life

Tebak gue yg mana? Pokoknya gue yg botak~


HIDUP MAHASISWA INDONESIA! *ngepalin tangan*
HIDUP RAKYAT INDONESIA! *ngepalin kaki*

Nggak nyangka, status gue sekarang udah mahasiswa. Bukan lagi seorang siswa yang masih sekolah. Kadang gue juga bingung apa bedanya "mahasiswa" dan "siswa". Dosen gue tadi stand up comedy ngejelasin apa itu "mahasiswa". Beliau bilang kalo mahasiswa itu derajatnya lebih tinggi dari siswa. Yang dulu pas masih siswa habis sekolah langsung pulang ke rumah, sekarang udah jadi mahasiswa yang sepulang kuliah ke tempat dugem buat ngilangin stress. Yang dulunya kalo laper tinggal ngambil makan di dapur, sekarang kalo laper harus pergi ke warung buat nggodain mas-mas pelayannya. Yup, itu kenapa ada kata "maho" "maha" dalam "mahasiswa".
Kami para mahasiswa emang sial.. Kenapa masa depan bangsa ini harus kami yang nanggung? Kami udah buat salah apa sih sama bangsa ini? Kenapa beban bangsa harus diterusin oleh mahasiswa yang polos ini? Lalu, kenapa setiap liat Cut Tari, gue langsung teringat sama Ariel?! Kenapa?! Hah?! Kenapaaa?!


Di hari pertama kuliah gue dapet pelajaran Pendidikan Agama Islam dan itu dimulai jam setengah 8 pagi. Malem sebelumnya, gue udah masang alarm jam 5. Gue langsung tidur dan akhirnya terbangun gara-gara denger suara alarm gue. Gue pun wudhu untuk sholat. Air di sini (Malang) beneran dingin banget kayak air es Magnum Gold. Gue cuci tangan aja menggigil, apalagi wudhu. Brrr! Sholat pun gue kerjakan.. Gue ngeliat jam di dinding sampai akhirnya gue sadar kalo gue salah masang alarm. Jam di alarm gue masih pake WITA.. Jadinya, tadi tuh gue sholat subuh jam 4. Asli, saking galaunya, gue pasang alarm lagi jam setengah 7 WIB dan tidur lagi. Gue dibangunkan dengan alarm lagunya Kerispatih. Gue kaget.. Biasanya alarm gue bunyi lagunya Slipknot biar langsung kaget kebangun, lha ini malah lagu mellownya Kerispatih. Gak taunya, itu gara-gara HP gue ketindih guling. Makanya lagunya jadi mellow gitu~


Yak, gue akhirnya berangkat kuliah. Gue sampai di kampus jam 7 pagi. Beneran deh, suasana kampus itu beda banget sama suasana sekolah. Kalo dulu gue dateng ke sekolah langsung cerita Naruto sama temen-temen, sekarang malah temen-temen yang dateng ke gue nyeritain biodata mereka. Mulai dari nama, kota asal, sampai merek celana dalem juga mereka ceritain. Karena inilah yang akhirnya bikin gue akrab sama mereka. Jadinya, setiap mau manggil temen, gue nggak manggil namanya.. Tapi manggil merek celana dalamnya..

"Woi, GT Man!", "Halo, Crocodile!", "Gimana kabarnya, Yamaha?", "Kamu ganteng banget sih, Durex!"

Kelas pertama kuliah pun dimulai. Ini debut kuliah pertama gue, Pendidikan Agama Islam. Gue sama temen-temen yang sejak pagi udah saling kenalan, masuk ke ruang 1. Gue kaget, di kelas ini isinya senior semua. Gue gak peduli, gue duduk aja di belakang bareng temen-temen gue. Tapi ada yang ganjil.. Gue ngeliat dosennya ngajar bawa kabel, kawat, dsb gitu. Masa' sih pelajaran Agama Islam pake alat-alat gitu? Emang nanti kami diiket kabel, trus di-ruqyah gitu ya?

Gue sama temen gue pun nanya ke senior, apa bener ini kelas Pendidikan Agama Islam-nya digabung sama senior.. Dan dia jawab, "Loh? Bukan dek.. Ini kelas Teknologi Bahan Elektrik." Gue beserta temen-temen gue yang sebanyak 30 orang pun langsung ngacir keluar kelas sambil cengar-cengir ke dosennya. Ternyata, di papan pengumuman, kelas kami dipindah ke ruang 2. God.. Debut kuliah pertama kok udah kacau giniii?

Sesampainya di ruang 2, Alhamdulillah dosennya pas-pasan barusan datang juga. Pak Dosen datang sama satu asistennya. Sebelum memulai pelajaran, beliau cerita kalo beliau habis kena stroke beberapa bulan kemarin. Dan ini pertama kalinya beliau ngajar kuliah lagi. Beliau juga bilang kalo beliau dibatasi dokternya cuma boleh bicara 30 menit doang. Kalo lebih, strokenya bisa kambuh sewaktu-waktu dan harus segera dilarikan ke rumah sakit. 

Gue kira beliau lebay.. Kena stroke yang bisa kambuh sewaktu-waktu tapi kok masih kuat ngajar? Dan akhirnya, gue percaya kalo beliau emang beneran stroke. Buktinya, beliau mendadak lupa sama nama asistennya. Trus beliau ceramah dan cerita-cerita gitu karena ini pertemuan pertama. Di tengah ceramah, gue panik. Beliau udah bicara udah lebih dari 30 menit! Gue takut kalo strokenya bisa kambuh sewaktu-waktu dan kami sebagai muridnya harus siaga melarikan beliau ke RS. Dan panik gue makin naik level.. Beliau nggak hanya bicara sampai 30 menit, tapi 1 jam penuh! Dan di pelajaran Agama Islam kali ini mungkin gue banyak dapet pahala. Karena apa? Karena gue selalu istighfar dan berdoa kepada Allah SWT agar penyakit dosen gue nggak kumat selama beliau ngajar di kelas.. Gue pengin beliau sehat sentausa selama-lamanya. Amin~


"Ternyata kuliah gitu-gitu aja. Lebih susahan sekolah sih menurutku.."

Ya, itu pikiran gue sebelum kena banyak tugas. Banyak senior yang bilang kalo kuliah itu harus usaha sampai berkeringat darah kalo mau dapet nilai yang bagus. Gue nggak langsung percaya sama perkataan itu.. Sampai akhirnya gue sadar kalo di beberapa mata kuliah (matkul) gue banyak senior-senior yang digabung di kelas gue karena nilainya kurang memuaskan dan terpaksa ngulang lagi. Gue jadi ngeri..
Dan di suatu matkul, ada 1 orang senior cewek yang digabung sama kelas gue. Pas kuliah dimulai, gue sempetin nanya ke dia..

Gue: "Mbak, itu dosennya pelit nggak kalo ngasih nilai?"
Senior: "Nggak kok. Malah suka ngasih nilai tinggi! Pokok'e rajin ngumpulin tugas ae.."
Gue: "Beneran, Mbak? Alhamdulillah~"

Sejenak gue lega. Tapi lama-lama gue mikir..
"Dosennya suka ngasih nilai tinggi, tapi kok si mbaknya ngulang matkul ini lagi?! Mbak, jangan bohongi hatiku dong~"


Oiya, kukasih tips nih kalo mau kenal-kenalan sama lawan jenis di lingkungan kampus:

1) Trik kenalan sama mahasiswa/mahasiswi
Tersangka: "Eh, nomer sepatu kamu berapa?"
Korban: "39. Kenapa memangnya?"
Tersangka: "Hmm, gak papa sih.. Kalo nomer HP kamu?"

2) Trik kenalan sama senior cewek/cowok
Tersangka: "Eh kak, dosen matkul 'x' emang suka masuk tepat waktu gitu ya?"
Korban: "Iya dong. Dosen itu emang disiplin."
Tersangka: "Ya ampun jadi lupa kan sebelumnya. Maaf ya, nama kakak siapa?"

3) Trik dapet jodoh
Tersangka: *sengaja nabrakin badan ke cewek yang lagi jalan bawa buku sampai bukunya jatuh                       semua*
                   "Wah, sorry banget mbak. Aku bantuin ya?"
Korban: "Oh iya gak papa mas. Tolong yaa~"
Tersangka dan Korban: *mungutin buku barengan* *saling tatap mata* *saling senyum*                                                     *pegangan tangan* *ke KUA terdekat*


Itulah kampus..
Dari sekarang, gue sebagai mahasiswa harus bisa pegang amanah orang tua gue agar gue kuliah dengan sungguh-sungguh. College days are gonna be fun!



No comments:

Post a Comment